Buka Rakor Lembaga Pembina Kerajinan, Umi Harneli Kedepankan Regenerasi Pengrajin

BENTENGSUMBAR.COM - Rapat koordinasi lembaga pembina kerajinan provinsi dengan kab/kota se Sumatera Barat tahun 2023, menjadi penyampaian kegiatan dan inovasi dalam menyukseskan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Kegiatan Rapat Koordinasi ini dihadiri seluruh Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, pelaku Usaha Mikro Kecil, UMKM, dan Industri Kecil Menengah, yang dilaksanakan di Kantor Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, pada Selasa (21/2/2023).

Ivent yang menunjukan eksistensi kerajinan budaya Sumatera Barat, tersebut  mengangkat tema “Semangat Berkarya Dekranasda Berjaya”.

Memaknai semangat bersinergi dalam mengembangkan inovasi-inovasi dari Dekranasda Provinsi Sumatera Barat pada Event-event skala nasional maupun Internasional.

Yang pada beberapa waktu lalu telah ikuti ajang fashion show di Rusia dan Vietnam.

“Hal ini menunjukkan bahwa industri fashion Sumatera Barat sudah bangkit dan mulai dikenal banyak orang diluar negeri,” ucap Umi.

Hal inipun tidak luput dari regenerasi pengrajin yang harus mulai dibentuk, juga sebagai bentuk mengenalkan warisan budaya yang mampu dikembangkan dalam mengikuti zaman.

Tanpa meninggalkan ciri khas Sumatera Barat hasil peninggalan leluhur. 

Dalam pembinaan inipun Dekranasda menjadi wadah dalam pembentukan dan promosi serta sebagai penyemangat pengrajin dalam menujukkan warisan budaya daerahnya, baik skala nasional maupun internasional.

“Perlunya penyelarasan program-program pada tiap daerah dalam peningkatan industri kerajinan, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan pengrajin itu sendiri, serta menjadi motivasi untuk meningkatkan daya saing baik dilokal maupun internasional,” tutup Umi. (Dinas Kominfotik Sumbar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »