Komitmen Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Lamongan Fokus Pertanian dan Peternakan

BENTENGSUMBAR.COM - Upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur terus dioptimalkan oleh pihak Kodim. 

Beragam cara dilakukan oleh pihak Kodim guna mendukung program Pemerintah tersebut.

Selain pengerahan Babinsa di berbagai area pertanian, pihak Kodim juga menghimbau para Babinsa untuk berperan aktif membantu para petani.

Salah satunya dengan merawat bibit tanaman yang sebelumnya ditanam oleh petani di berbagai Dusun yang ada di Lamongan.

Dandim 0812/Lamongan, Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf ketika dikofirmasi melalui via seluler miliknya pada Selasa (14/02/2023) pagi mengatakan, jika dirinya sudah menegaskan pada seluruh personelnya untuk ikut serta mensukseskan program ketahanan pangan.

“Swasembada ketahanan pangan ini penting untuk terus ditingkatkan,” kata Dandim.

Selain fokus di sektor pertanian, Letkol Endi menambahkan jika dirinya juga menginstruksikan personelnya untuk fokus pada sektor peternakan.

“Sektor peternakan itu juga penting. Pada intinya, kita harus bisa menjadi motor penggerak di masyarakat, terutama di bidang pertanian dan peternakan,” bebernya.

Kebut Bedah Rumah

Program bedah rumah kali ini mulai berlangsung di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Program itu, merupakan salah satu program yang diyakini mampu meringankan beban masyarakat, khususnya warga kurang mampu di Lamongan.

Bahkan, pihak Koramil telah menerjukan beberapa pesonel untuk mempercepat bedah rumah milik Sanipah (67) warga Desa Sendangrejo, Kecamatan Lamongan.

Rumah milik Sanipah, diketahui tak layak untuk dihuni dan perlu dilakukan rehab.

Hal itu, dikatakan Danramil Kota, Kapten Cku Yanto Budi Utomo pada Senin (13/02/2023) ketika dikonfirmasi terkait rehab rumah di wilayah teritorialnya.

“Sebelumnya sudah melewati proses peninjauan. Alhamdulillah, rumah milik mbok Sanipah masuk dalam daftar rehab,” ujar Danramil.

Peninjauan itu, kata Yanto, sebelumnya dilakukan oleh beberapa pihak. Salah satunya Koramil.

“Peninjauan dilakukan langsung oleh Babinsa bersama instansi terkait. Mudah-mudahan, direhabnya rumah mbok Sanipah, bisa memberikan kebahagiaan dan kenyamanan,” ucap Kapten Yanto.

Kasdim Klungkung Sidak Kendaraan Anggota

Sementara itu, kendaraan dinas maupun pribadi milik anggota Kodim 1610/Klungkung, disidak. Sidak itu, dilakukan langsung oleh Kepala Staf Kodim, Mayor Kav I Nyoman Jayantara pada Senin (13/02/2023) pagi.

Dijelaskan Kasdim, pemeriksaan kendaraan itu dilakukan guna meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas di lingkungan TNI, khususnya Kodim Klungkung.

“Pemeriksaan seperti ini sudah rutin digelar. Pelaksanaannya juga secara acak dan mendadak,” kata Kasdim.

Selain pemeriksaan administrasi atau sura-surat kendaraan, pemeriksaan itu juga menyasar kondisi fisik kelayakan kendaraan.

“Dengan harapan, bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan,” jelasnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »