NasDem Sebut Piagam Deklarasi Koalisi Perubahan Sudah Tuntas: Tinggal Cari Momentum

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengatakan piagam deklarasi Koalisi Perubahan sudah tuntas dibahas oleh tim kecil yang terdiri dari perwakilan tiga partai. 

Selain NasDem, koalisi itu akan diisi oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat. 

Sugeng menjelaskan, ketiga partai tinggal mencari momentum yang tepat untuk mendeklarasikan koalisi.

“Sudah selesai semua. Itu kan fungsinya tim kecil, kami yang menyiapkan, tinggal cari momentum, hari, bulan, tanggal yang baik aja,” kata Sugeng di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Februari 2023.

Kendati demikian, Sugeng menyebut belum bisa memastikan apakah deklarasi ini sekaligus mengumumkan paket calon presiden (Capres) serta calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mereka usung pada Piemilihan Presiden (PIlpres) 2024.

Ketiga partai sebelumnya sudah satu suara untuk mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai capres dan berkomitmen kerja sama dalam Koalisi Perubahan.

Menurut Sugeng, urusan deklarasi pendamping Anies masih dipertimbangkan oleh tim kecil ketiga partai. 

Dia mengatakan pertimbangan ini merupakan bagian dari strategi melihat peta Pilpres 2024.

“Sudah, semua sudah ada. Betul apakah akan mencalonkan, mengumumkan sekaligus cawapres, itu bagian pertimbangan. Kita lihat sebagai sebuah strategi,” kata dia.

Bacapres Pertama dengan Dukungan Suara yang Cukup

Anies Baswedan menjadi bakal capres pertama yang dipastikan telah mengantongi tiket untuk bertarung pada Pilpres 2024. 

Hal itu terjadi setelah Partai Demokrat dan PKS akhirnya mengikuti langkah NasDem untuk mendeklarasikan secara resmi dukungannya pada akhir Januari lalu.

Ketua Tim Anies, Sudirman Said, memastikan gabungan kursi ketiga partai di DPR telah memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold).

“Pada hari ini Pak Anies adalah bacapres yang pertama kali mendapatkan dukungan resmi dalam jumlah yang cukup. Ini artinya bahtera perjuangan Koalisi Perubahan segera bersiap untuk berlayar menempuh berbagai tantangan,” kata Sudirman saat deklarasi dukungan oleh PKS di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Senin, 30 Januari 2023.

Pembentukan Koalisi Perubahan sebelumnya dikabarkan sempat alot akibat pembahasan Cawapres yang akan mendampingi Anies.

Partai Demokrat menyorongkan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono sementara PKS menyodorkan mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang juga merupakan Wakil Ketua Majelis Syura partai itu.

Sementara NasDem sejak awal menyatakan menyerahkan soal Cawapres kepada Anies. 

Belakangan, Demokrat dan PKS pun melunak dan menyerahkan soal itu kepada Anies. 

Sumber: Tempo.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »