Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim Silaturahmi ke Ponpes Tebu Ireng dan Ponpes Bahrul Ulum

BENTENGSUMBAR.COM - Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, M. A. bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Drs. Toni Harmanto, M.H. dan rombongan melaksanakan  kenjungan kerja ke Pondok Pesantren Tebu Ireng dan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (23/02/2023).

Pada kesempatan pertama, Kedua Perwira Tinggi TNI-Polri itu melaksanakan lawatannya di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. 

Setibanya di Ponpes Tebu Ireng disambut langsung oleh Pengasuh Ponpes Tebu Ireng, KH. Abdul Hakim Mahfudz atau biasa disebut Gus Kikin dengan diiringi penampilan kesenian hadrah gabungan dari anggota TNI-Polri dan para Santri Ponpes Tebu Ireng.

Kedatangan Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim tersebut, bertujuan menjalin silahturahmi dengan pimpinan dan pengasuh serta para santri Ponpes Tebu Ireng Jombang. 

Dalam perbincangan bersama KH. Abdul Hakim Mahfudz di Ndalem (rumah) Kasepuhan Tebu Ireng, Pangdam bersama Kapolda menyampaikan bahwa akan memberi peluang sebesar-besarnya kepada para santri untuk mendaftarkan diri menjadi anggota TNI ataupun Polri.

Pada kesempatan yang sama, Mayjen TNI Farid Makruf juga mengajak para santri untuk dapat bersinergi dengan TNI dalam rangka ikut serta menjalankan program-program unggulan TNI AD terutama mendukung program ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong di lingkungan Ponpes sehingga menjadi lahan produktif, terlebih dapat membantu meringankan beban masyarakat di sekitar Ponpes.

Selain bersilaturahmi, Mayjen TNI Farid Makruf bersama Irjen Pol Toni Harmanto juga berziarah ke Makam Presiden RI ke-4, K. H Abdurrachman Wahid atau yang akrab dikenal Gus Dur dan melaksanakan doa bersama demi terjaganya kondusifitas dan stabiltas keamanan serta ketertiban Nasional khususnya di wilayah Jawa Timur.

Terpisah, pengasuh Ponpes Tebu Ireng, KH. Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) mejelaskan, kunjungan Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim kali ini, bermaksud untuk menjalin silahturahmi karena beliau berdua merupakan pejabat baru di wilayah Jawa Timur.

"Kita berdoa bersama mengharapkan untuk Jawa Timur agar kondusif maupun secara nasional. Hal ini merupakan suatu kegiatan yang positif dan ikatan yang baik sekali, Pangdam dan Kapolda bersama sama ke pesantren bersilaturahmi menjaga kondusifitas wilayah," ungkapnya.

“Untuk menjaga kondusifitas dan keamanan wilayah bukan hanya tugas dari TNI dan Polri saja, tetapi kita yang dari pondok pesantren juga wajib menjaga bersama kemananan ini. Karena kewajiban kita, bagi seluruh bangsa ini untuk berpartisipasi menjaga keamanan NKRI," imbuh Gus Kin.

Setelah melakukan kunjungan silaturahmi di Ponpes Tebu Ireng, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf bersama rombongan melanjutkan kegiatan berkunjung ke Kasepuhan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras dengan maksud dan tujuan yang sama untuk bersilahturahmi dengan pimpinan, pengasuh dan santri Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras, serta melaksanakan doa bersama dan berziarah ke Makam KH. Wahab Hasbullah Tambak Beras Jombang. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »