Wakil Gubernur Audy Joinaldy Resmikan Pos Pemuda Terintegrasi di Sumpur Kudus Sijunjung

BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy bersama Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah meluncurkan Pos Pemuda Terintegrasi pertama di Sumatera Barat yang berada di Nagari Tanjung Bonai Aur (TBA) Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus, Kab. Sijunjung, Rabu (22/2/2023).

Ikbal Musa, Ketua Karang Taruna TBA Selatan mengatakan, Pos ini merupakan pusat kegiatan terpadu gagasan Karang Taruna setempat.

"Meski hanya bangunan sederhana, pos ini lengkap dengan fasilitas perpustakaan mini, serta aktivitas kelas bahasa Inggris, kelas komputer dan teknologi informasi, hingga kelas pengarsipan dan dokumetasi yang menginventarisir beragam dokumen sejarah-sejarah lokal," katanya.

Dikatakannya, pelatihan melalui kelas-kelas ini diberikan secara gratis bagi seluruh lapisan masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi.

Selain itu, Pos Pemuda Terintegrasi TBA Selatan juga tengah melakukan pengembangan kewirausahaan bagi masyarakat setempat. 

"Salah satunya dengan mulai mengembangkan budidaya lele bioflok berikut dengan hilirisasinya berupa pengolahan lele asap," ungkapnya.

Inovasi dan kreativitas pemuda TBA Selatan ini disambut positif dan mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Audy Joinaldy. 

Ia mengatakan pemerintah provinsi siap mendukung upaya-upaya pengembangan yang dilakukan pemuda setempat melalui Pos Pemuda Terintegrasi.

"Kita akan support supaya bisa jadi pos pemuda percontohan Sumatera Barat. Bisa berupa bantuan kolam bioflok dan pelatihan pengolahan Ikan asap, serta buku-buku," ujar Wagub Audy.

Hal serupa turut disampaikan Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah. Ia mengatakan pihaknya siap membantu melengkapi fasilitas penunjang dan pelatihan digitalisasi bagi penggiat Pos Pemuda Terintegrasi tersebut. (Dinas Kominfotik Sumbar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »