Disebut Jadi Penghubung Anies Baswedan ke Khofifah, Ini Kata Jusuf Kalla

BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK tak membantah soal isu yang menyebut dirinya menjadi penghubung antara Anies Baswedan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

JK disebut menjadi penghubung agar keduanya bisa menjadi pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. 

Menjawab isu tersebut, JK tidak secara gamblang membenarkannya. Tetapi, dia juga tidak membantah isu tersebut. 

"Ya artinya saya dalam posisi untuk melihat negara ini stabil, maju, tidak memandang, melihat, dalam politik perorangan," ujar JK dalam wawancara khusus dengan Tempo di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 2 Maret 2023. 

Menurut JK, Khofifah telah memenuhi empat kriteria cawapres ideal. Kriteria ini JK klaim disusun berdasarkan pengalamannya menjabat di pemerintahan. 

Adapun empat kriteria tersebut antara lain punya leadership yang baik, punya pengalaman, punya kecerdasan, punya integritas. Salah satu yang memenuhi ini kan Khofifah.

"Salah satu yang memenuhi ini kan Khofifah. Dia pernah jadi menteri, pernah jadi gubernur, siapa yang yang bisa melebihi Khofifah dari sisi pengalaman?" kata JK. 

JK membeberkan dari sisi pengalaman, Khofifah pernah menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan di zaman Presiden Gus Dur pada 1999-2001, serta Menteri Sosial Kabinet Kerja di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo pada 2014-2018. 

Selain itu pada Pilpres 2014, Khofifah pernah menjadi Juru Bicara Tim Pemenangan Jokowi-JK. 

Hingga pada 2019 hingga sekarang, Khofifah menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur Menurut JK, pengalaman yang dimiliki Khofifah menunjukkan kemampuan leadership-nya. 

Selain itu, menurut JK kecerdasan Khofifah juga teruji dengan kemampuannya memimpin daerah seluas Jawa Timur. 

Khofifah juga dinilai memilki integritas karena tak pernah tersandung kasus apapun. 

"Ya tentu juga ada elektabilitasnya dan bisa membantu calon timnya menjadi tim yang saling memperkuat. Dan dia punya 4 tadi itu, bu Khofifah," kata JK. 

Masuk Radar Cawapres Anies

Tiga partai Koalisi Perubahan, yakni Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sudah bersepakat mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024.

Pembahasan ihwal sosok pendamping Anies mulai dibahas di tim kecil koalisi ini.

Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf mengungkapkan ada tiga kriteria calon wakil presiden yang mesti dipenuhi.

Di antaranya elektabilitas, chemistry dengan Anies, serta sosok ini mesti disepakati bersama oleh tiga parpol anggota koalisi.

"Elektabilitas cawapres, chemistry dengan capres, dan persetujuan tiga parpol pendukung,” kata Muzammil saat dihubungi, Rabu, 1 Maret 2023.

Menurut Muzammil, ada tiga sosok yang dinilai memenuhi kriteria tersebut. 

Di antaranya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan alias Aher. 

"AHY, Khofifah, Aher, dan beberapa nama lainnya. Mudah-mudahan tidak ada perdebatan yang serius, karena suasana dialogis 3 partai, alhamdulillah baik,” ujarnya.

Sumber: Tempo.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »