Erick Thohir Simbol Reformasi BUMN, Kata Pengamat

BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto, menilai sudah tepat bila Erick Thohir mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa (HC) karena telah menjadi simbol reformasi BUMN.

"Selama ini kinerja BUMN tidak memberikan progres yang cukup bagus bagi bangsa dan masyarakat," kata Bambang melalui keterangan tertulis kepada BentengSumbar.com, Selasa, 7 Maret 2023.

"Tapi semenjak kepemimpinan Erick Thohir tampak sekali adanya perbaikan tata kelola BUMN di segala sisi," tegasnya.

Dikatakan Bambang, gebrakan transformasi BUMN yang telah digulirkan oleh Erick Thohir sudah mulai tampak sangat bermanfaat bagi kemajuan BUMN. 

"Ruang gerak BUMN juga kelihatan lebih taktis, efisien dan efektif karena mengedepankan pola manajemen berbasis partisipatif," pungkasnya.

Sehingga tidak salah bila BUMN kemudian meraup laba cukup fantastis saat kepemimpinan Erick Thohir.

Lebih menariknya lagi, jelas Bambang lagi, Erick Thohir berani untuk membenahi berbagai celah praktik kecurangan yang selama ini terjadi di BUMN.

"Bahkan saat ini kita juga merasakan kehadiran BUMN ditengah-tengah masyarakat," tukuknya.

Hal itu tampak dari berbagai program kemitraan dan pendampingan yang terus digulirkan oleh BUMN dalam upaya pengembangan UMKM.

"Intinya ketika Erick Thohir telah memberikan kontribusi nyata bagi reformasi BUMN dan itu sudah terbukti dengan fakta dilapangan, maka layak mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (HC)," jelas Bambang Arianto. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »