Kirim Bantuan Pangan Tahap II, Pangdam V/Brawijaya: Semoga Dapat Membantu Kesulitan Pangan Masyarakat Pulau Masalembu

BENTENGSUMBAR.COM - Akibat kondisi cuaca yang masih extrim dan tidak memungkinkan kapal biasa pengangkut logistik untuk berlayar ke pulau Masalembu berdampak terganggunya pasokan kebutuhan bahan makanan untuk  masyarakatnya di daerah tersebut.

Terkait hal itu, pengiriman bahan pangan terus dilakukan oleh pihak Pemerintah Jatim, tidak terkeculi Kodam V/Brawijaya dan instansi lainnya. Pengiriman bantuan bahan makanan Tahap II pun dilakukan dengan diangkut oleh Kapal KRI SHS-990 TNI AL melalui Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya.

Pemberangkatan bantuan Tahap II tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, MA dan Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah serta unsur pejabat lainnya.

Pangdam menjelaskan bahwa bahan pangan yang dikirim merupakan bantuan dari Pemprov Jatim, Kodam V/Brawijaya dan Koarmada II Surabaya yang terdiri dari bermacam-macam bahan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat Masalembu.

“Bantuan yang saat ini diberangkatkan merupakan bantuan tahap ke II, kelanjutan dari bantuan pertama yang sudah berangkat (Rabu, 3/1/2023, red.) Dan sudah didistribusikan disana. Bantuan yang dikirim saat ini terdiri dari 16 ton beras, minyak goreng 42 kardus, gula 20 kardus, Biskuit UGM 21 kardus, roti 10 kaleng, susu kental manis 10 kardus, sarden 12 kardus, ikan kaleng 30 kardus dan susu cokelat bubuk 5 kardus serta gas LPG 3 kg sebanyak 300 tabung,” ungkap Mayjen TNI Farid Makruf

Pangdam V/Brawijaya juga berharap pengiriman bantuan bahan pangan ini bisa tepat waktu berjalan aman dan lancar walaupun terkendala cuaca extrim.

“Dengan bantuan KRI SHS-990 diharapkan bantuan ini, besok (Minggu, 5/3/2023, red.) pagi pukul 05.00 WIB sudah sampai di Masalembu,” ujar Pangdam V/Brawijaya

Mayjen TNI Farid Makruf yang sudah banyak pengalaman malang melintang berhasil dalam hal mengatasi penanggulangan bencana di Indonesia ini menjelaskan bahwa pengiriman bantuan tahap I telah didistribusikan kepada masyarakat  Masalembu. Selain itu Pangdam juga mengatakan bahwa pihak Kodam V/Brawijaya bersama Pemerintah Provinsi Jatim dan Koarmada II siap mengantarkan bantuan ke Masalembu bila ada pihak-pihak lain yang ingin menyalurkan bantuan.

“Kami selalu siap membantu, bekerjasama dan bersinergi dengan semua pihak untuk mengatasi kesulitan masyarakat sebagaimana arahan Panglima TNI dan Kepala Staf Angakatan Darat. Semoga bantuan yang dikirimkan hari ini juga dapat membantu kesulitan pangan masyarakat di Pulau Masalembu,” pungkasnya.

Babinsa Kawal Distribusi Bantuan Sembako

Sebanyak 4097 KK atau Kepala Keluarga di Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep mendapat bantuan sembako yang digelontorkan oleh Forkopimda Jatim yang diangkut oleh Kapal KRI Malahayati 362, Rabu (1/3/2023).

Penyaluran sembako itu, dilakukan di Balai Desa Masalima dan Balai Desa Sukajeruk, Kecamatan Masalembu pada Sabtu (04/03/2023).

Penyaluran sembako itu, mendapat pengawalan dari aparat Babinsa dari Koramil Masalembu. Adalah Serka Yohanes dan Koptu Yunus Poli serta pihaknya juga melibatkan Bhabinkamtibmas dan unsur aparatur pemerintahan setempat.

"Sembako itu dibagikan secara massal. Alhamdulillah proses distribusi berjalan lancar, semuanya bersinergi supaya bantuan ini tepat sasaran," beber Yohanes.

Adapun bahan pangan sembako yang dibagikan per KK berupa beras 2,5 kg, Mie Instan 2 bungkus, dan gula 1/2 kg.

“Saat ini proses bantuan sembako diberikan kepada warga secara massal. Alhamdulillah proses distribusi lancar,” ujarnya.

Serka Yohanes mengatakan warga sangat senang mendapat bantuan sembako setelah sekian lama dilanda krisis pangan akibat badai.

Masyarakat juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kodam V/Brawijaya, Polda Jatim, Pemkab Sumenep beserta jajarannya yang telah membantu kesulitan warga Masalembu.

Pendistribusian bantuan sembako tersebut dipastikan  sudah disalurkan secara tepat dan maksimal, sehingga bantuan ini sangat membantu warga Masalembu yang sempat mengalami krisis pangan.

“Kami turun langsung mendistribusikan bantuan itu kepada warga. Karena ini memang sangat mendesak dan dibutuhkan oleh warga sehingga bantuan tersebut segera diberikan,” ungkap Yohanes.

Turut hadir dalam pembagian sembako Kades Masalima beserta staf, Kades Sukajeruk beserta staf Babinsa Koramil 0827/22 Masalembu dan Bhabinkantibmas Polsek Masalembu.

Kodim 1610/Klungkung Bersolek

Menjelang peresmian, sekaligus penandatanganan NPHD dan BAST berbagai persiapan dilakukan oleh pihak Kodim 1610/Klungkung. Persiapan itu, berkaitan dengan adanya peresmian kantor baru Makodim Klungkung yang dihadiri Danrem 163/WSA dan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

Hiasan dan perlengkapan lain pun, mulai disiapkan oleh personel dibawah kendali Letkol Inf Armen pada Minggu (05/03/2023) itu. “Semuanya kita persiapkan mendekati peresmian ini,” kata Dandim.

Dandim berujar, peresmian itu nantinya akan dihadiri semua pihak, tanpa terkecuali Danrem dan Bupati Klungkung. “Peresmian itu nanti juga melibatkan tokoh masyarakat,” jelasnya.

Perlu diketahui, sebelumnya kantor Makodim telah melewati berbagai proses renovasi yang cukup lama. Renovasi itu, merupakan sinergitas antara pihak Kodim dengan Pemkab Klungkung.

“Semoga diresmikannya kantor baru ini, sinergitas Kodim Klungkung dengan semua pihak akan semakin kuat,” pungkasnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »