Kota Solok Siap Dipercaya Menjadi Tuan Rumah Latsitardanus LXIII Tahun 2023

BENTENGSUMBAR.COM - Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) LXIII Tahun 2023, Kota Solok menjadi tuan rumah bersama Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman, dan Kota Pariaman.

Latsitardanus merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan oleh Taruna AKMIL, AAL, AAU, AKPOL, IPDN, SSN dan perwakilan dari mahasiswa sebelum dilantik menjadi Perwira dan ini merupakan salah satu syarat yang harus diikuti oleh taruna. 

Tujuan utama Latsitardanus untuk mengintegrasikan peserta latsitarda agar berinteraksi, dan bersosialisasi bersama masyarakat. 

Para peserta akan dilantik pada Tanggal 26 Juli 2023 di Istana Negara oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Kesiapan kota Solok tampak saat Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar memimpin Focus Group Discussion sekaligus persiapan kegiatan Latsitardanus LXIII Tahun 2023, di Aula Solok Primer Hotel, Kota Solok, Rabu (08/03/23).

Turut hadir, Komandan Satuan Latihan Taruna 4 Batalyon Kijang, AKBP Supriyanto, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solok, Ketua LKAAM, Ketua KAN, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Kepala Baznas Kota Solok, Ketua DPD KNPI Kota Solok, serta Kepala OPD Terkait, Camat, 

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan, ini merupakan kehormatan bagi Kota Solok karena terpilih menjadi salah satu dari 5 kabupaten dan kota di Sumbar menjadi tuan rumah Latsitardanus LXIII Tahun 2023.

"Pemko Solok bersama pihak terkait akan menyiapkan yang terbaik, kita tidak boleh tanggung-tanggung dalam menyambut peserta Latsitardanus ini," katanya.

Wako juga mewanti-wanti jangan sampai ada salah-menyalahkan, jika ada kekurangan dari sekarang kita atasi sehingga pelaksanaan Latsitardanus berjalan lancar.

" Seluruh kegiatan yang telah diagendakan semoga dapat berjalan dengan baik. Buat suasana Kota Solok yang meriah, persiapkan baliho-baliho dan sejenisnya sebagai tanda kita bangga kedatangan putra-putri terbaik negeri ini," ujar wako.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok, Delfianto melaporkan, Kota Solok menjadi lokasi yang jumlah peserta terbesar dari daerah lain, yakni sebanyak 309 Orang personel.

Latsitardanus LXIII 2023 di Kota Solok akan melakukan kegiatan selama 22 hari, mulai dari 15 Mei 2023 sampai 8 Juni 2023.

Sementara itu, Komandan Satuan Latihan Taruna 4 Batalyon Kijang, AKBP Supriyanto mengatakan, dia beserta rombongan kali ini datang ke Kota Solok guna melaksanakan survei teknis serta memastikan kesiapan dan persiapan Kota Solok menerima kedatangan peserta.

Direncanakan, peserta Latsirardanus ini akan melakukan kegiatan fisik yakni pembangunan tugu latsitardanus, kerja bakti pembersihan jalan, pembersihan saluran sungai. Rencananya akan ditambahkan dengan kerja bakti seperti bedah rumah, bakti sosial di fasilitas umum atau fasilitas sosial, serta penanaman pohon.

Selanjutnya, kegiatan non fisik diantaranya penyuluhan, promosi, dan sosialisasi ke sekolah-sekolah terutama SLTA se-Kota Solok.

Untuk itu, mohon dukungan dari Pemerintah Kota Solok untuk dalam menyukseskan kegiatan ini diantaranya akomodasi, tempat tinggal peserta latihan, serta mobilisasi. Untuk lokasi posko di gedung SKB Kota Solok. ( BO )

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »