Leonardy Apresiasi Sensus Pertanian di Kota Padang Berbasis Android

BENTENGSUMBAR.COM – Sensus Pertanian 2023 di Kota Padang sudah berbasis android. Pemakaian aplikasi ini tentu akan mempercepat pekerjaan para petugas sensus ini diapresiasi oleh Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH.

Untuk melihat sejauhmana kesiapan pelaksanaan sensus pertanian ini dan kesiapan Kota Padang melaksanakan sensus berbasis aplikasi inilah Senator Leonardy berkunjung ke Kantor BPS Kota Padang, Kamis 9 Maret 2023.

Kedatangannya disambut Kepala BPS Kota Padang, Alfianto S.Kom, M.Kom beserta jajaran. Turut hadir Kepala Kominfo Kota Padang Boby Firman, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Padang Gus Wardi.

Leonardy mengatakan pengawasan DPD RI terhadap pelaksanaan atas Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik merupakan wujud komitmen Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) terhadap amanat konstitusi.

“Kunjungan ini dalam rangka Tugas Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Undang-undang No.16 Tahun 1997 tentang Statistik, difokuskan Pada Persiapan Pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023. Kita ingin mendengarkan lansung seputar kesiapan Kota Padang dan dukungan yang diperlukan guna menyukseskan Sensus Pertanian Tahun 2023,” ujarnya. 

Leonardy mengungkapkan tugas pengawasan atas pelaksanaan undang-undang itu termaktub dalam Pasal 22D ayat (3) UUD 1945. Khusus untuk pengawasan terhadap pelaksanaan UU Nomor. 16 Tahun 1997 tentang Statistik ini, BPS dengan DPD RI sudah menandatangani kesepahaman.

Ditegaskannya, hasil yang didapat dari tugas pengawasan yang dilakukan oleh Anggota Komite IV DPD RI dari 34 provinsi menjadi masukan dan akan disampaikan pada kesempatan pertama Rapat Kerja dengan BPS Republik Indonesia sebagai bahan masukan dan evaluasi bagi kegiatan Sensus Pertanian.

Pertemuan yang dilakukan Anggota Komite IV DPD RI dengan BPS sebagai penyelenggara sensus pertanian dan masyarakat sebagai pengguna atau pemanfaat sensus nantinya bermanfaat untuk memberikan gambaran secara komprehensif terkait kesiapan BPS di berbagai daerah untuk melaksanakan sensus nantinya. 

Sesuai dengan tema ‘Mencatat Pertanian Indonesia Untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani’, kata Leonardy lagi, sensus pertanian akan bermanfaat untuk memberikan gambaran kondisi terkini dari pertanian di Indonesia. 

Kondisi ini akan bermanfaat untuk peningkatan kualitas statistik pertanian dan peningkatan kualitas desain kebijakan untuk rujukan dalam penyusunan kebijakan strategis pada sektor pertanian. 

Dari hasil sensus itu nantinya, Leonardy menegaskan data-data akan bicara tentang bagaimana perhatian kita terhadap sektor pertanian. Akankah kita bisa meraih kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani. 

"Kita pun bisa memutuskan kebijakan dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapainya. Bagaimana membuat sektor pertanian menarik minat generasi muda untuk bertani dengan dengan peralatan moderen dan memanfaatkan teknologi informasi."

“Mengingat, data statistik merupakan sumber utama untuk perencanaan berbagai kebijakan terkait pertanian, maka DPD RI melalui fungsi pengawasan yang dimiliki, sangat mendukung kegiatan sensus pertanian 2023 ini guna terwujudnya kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani di seluruh daerah,” ujar Ketua Badan Kehormatan DPD RI.

Leonardy menyampaikan apresiasinya kepada Kepala BPS Kota Padang yang telah maju selangkah, memanfaatkan teknologi informasi untuk menyukseskan Sensus Pertanian 2023. 

Aplikasi FASIH yang digunakan dalam kegiatan sensus pertanian diharapkan kembali meraih sukses sebagaimana keberhasilan meraih kinerja response rate Sensus Penduduk Online Tahun 2020.

Dia berharap, keberhasilan penggunaan gadget dalam sensus penduduk long form 2020 itu memotivasi para petugas dan pegawai BPS Kota Padang untuk sukses di Sensus Pertanian Tahun 2023.

Dalam pertemuan itu, Leonardy juga mengimbau kepada pemerintah Kota Padang beserta segenap OPD , Forkopimda, pemerintah kabupaten/kota beserta seluruh OPD, pemerintah kecamatan, Lurah, perngurus RT dan RW, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sensus pertanian tahun 2023 ini. 

“Terima kedatangan petugas dan berikanlah jawaban yang benar. Mereka mencatat Pertanian Indonesia untuk kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani. Mari basamo menyukseskan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) di Sumatera Barat,” ujarnya.

Leonardy mengingatkan Kepala BPS Kota Padang dan jajarannya bahwa pada Regsosek 2022 BPS Sumbar mendapat penilaian baik dari BPS Pusat. Untuk itu dia mengajak agar pada Sensus Pertanian ini Sumbar juga mendapat penilaian baik.

Dinas Kominfo Kota Padang diminta untuk berperan aktif dalam mensosialisasikan dan mempublikasikan tentang kegiatan ini di media massa dan media sosial.

Pewarta: Novrianto Ucoxs

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »