Tak Ada Nama Lain di PDIP, Refly Harun Sebut Puan Berpeluang Jadi Cawapres

BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat politik dan pakar hukum tata negara Refly Harun menilai tak banyak ditemukan calon potensial di tubuh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Padahal, dari sejumlah nama, justru tokoh dari partai lain di luar PDI Perjuangan (PDIP) banyak yang mentereng dan memiliki sedugang pengalaman.

Namun, jika melihat peluang pencalonan dan rencana koalisi, Refly menyebut KIB dan PDIP bakal mengusung Capres-Cawapres dari PDIP.

“Jadi awalnya saya menganggap tidak masuk akal mencalonkan Ganjar-Puan, tapi fenomena terakhir puan menempati urutan ke 3 Capres,” ujar Refly, dikutip pada Senin (20/3/2023).

“Nah ini memberikan semacam legitimasi untuk dia dimajukan paling tidak sebagai Cawapres, dan Capresnya adalah Ganjar Pranowo,” sambungnya.

Refly menambahkan, strategi lainnya bisa saja terjadi. Misalnya, Puan Maharani diajukan kepada Menhan Prabowo Subianto dan dijadikan sebagai Wapres.

“Jadi sekarang ini sedang bertarung anatara kepentingan teuku umar dan kepentingan istana,” katanya.

“Kepentingan istana tentu saja diwakilkan oleh Jokowi dan kepentingan teuku umar diwakili oleh Megawati,” imbuh Refly.

Apalagi, lanjutnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tampaknya hanya akan memberikan kartu pencalonan itu kepada Puan Maharani.

“Kartu megawati hanyalah puan maharani, ngak akan ada lagi calon lain, nggak ada kejutan, karena calon lain juga idak muncul, jadi jauh dibandingkan Puan yang lebih muncul,” terang Refly.

“Tapi soalnya, Puan Maharani tidak bisa masuk ke dalam elite Capres, tapi kalau elite cawapres sudah masuk dia, tandanya apakah itu artinya Ganjar-Puan? itu akan kita lihat ke depannya,” tandasnya.

Sumber: Konten Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »