Ditutup Resmi Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Wako Hendri Septa Bersyukur Festival Muaro Padang Berlangsung Meriah

BENTENGSUMBAR.COM - Sebuah event sensasional di Kota Padang yang dinamai Festival Muaro Padang, akhirnya resmi berakhir dan ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (27/4/2023) sore.

Wali Kota Padang Hendri Septa pun meluapkan rasa syukur yang tak terhingga atas berlangsung sukses dan meriahnya pesta rakyat yang dipusatkan di kawasan Muaro Padang selama 24-27 April 2023 itu.

"Alhamdulillah wa syukurillah, Festival Muaro Padang telah selesai kita gelar dan berlangsung secara meriah dan semarak. Event ini tidak saja disaksikan warga Kota Padang, namun juga para wisatawan dan perantau yang mudik ke Kota Padang di libur lebaran tahun ini," ungkap Wali Kota saat itu.

Orang nomor satu di Kota Padang itu melanjutkan, Festival Muaro Padang sengaja dipersembahkan Pemko Padang untuk warga Kota Padang sekaligus para pemudik dan wisatawan yang berada di Padang semasa libur lebaran.

"Sejumlah event menarik alhamdulillah kita sajikan dalam festival Muaro Padang ini. Sewaktu pembukaan ada Fashion Karnaval, Pekan Ekonomi Kreatif disertai Festival Bonsai, beragam hiburan dan kesenian tradisional hingga penyediaan Perahu Hias gratis bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan Sungai Batang Arau," terangnya.

Sementara pada hari kedua, sambungnya, ada Festival Marandang di samping tetap menggelar hiburan band acoustic dan kesenian tradisional. 

"Pada pelaksanaan hari ketiga ada event yang tak kalah menariknya kita sajikan. Yaitunya adalah Festival Selaju Sampan disertai Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo di samping kembali menggelar Pekan Ekonomi Kreatif, Festival Bonsai, Hiburan musik dan kesenian tradisional serta penyediaan Perahu Hias," ujar Wako milenial yang sambut antusias hadirin saat itu.

"Alhamdulillah, pada hari ini event Festival Muaro Padang resmi berakhir dan ditutup secara resmi. Sebelum penutupan tadi kita semua menyaksikan babak final perlombaan selaju sampan yang berlangsung begitu meriah. Jadi inilah yang kita inginkan, yaitu bagaimana antara pemerintah dengan masyarakat saling membaur dan menikmati libur lebaran dengan suka cita. Apalagi para perantau dan wisatawan juga datang menyaksikannya," tukas pemimpin Kota Padang itu bersemangat.

Lebih jauh orang nomor satu di Kota Padang berharap melalui Festival Muaro Padang dapat membangkitkan kembali perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19, begitu pula di sektor perhotelan, restoran, jasa dan lainnya.

"Alhamdulillah sesuai prediksi 2 juta perantau dan wisatawan telah datang ke Kota Padang pada libur lebaran tahun ini. Dan ini akan terjadi perputaran uang yang luar biasa tentunya, ditaksir mencapai puluhan miliar. Semoga ekonomi kita semakin menggeliat, insya Allah event ini menjadi even tahunan yang akan kita gelar di momentum libur lebaran," pungkas Wako Hendri Septa sembari menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak/donatur yang telah mendukung kesuksesan festival sensasional tersebut.

Sementara itu saat menutup festival, Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengaku sangat mengapresiasi Festival Muaro Padang yang digelar Pemko Padang itu.

"Saya sangat apresiasi Pemko Padang yang telah menggelar acara ini dengan sukses dan semeriah mungkin. Banyak sekali dampak positif dihasilkan dari acara tersebut. Di samping menyajikan hiburan, juga meningkatan perputaran ekonomi daerah. Semoga hal seperti ini dapat dicontoh oleh kabupaten/kota lainnya di Sumbar," imbuh Wagub Sumbar mengapresiasi.

Dalam kesempatan itu hadir Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap bersama unsur Forkopimda Kota Padang lainnya, Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa serta sejumlah pimpinan BUMN/BUMD di Kota Padang dan unsur terkait lainnya.

Kegiatan itu juga diikuti Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama para Asisten, pimpinan OPD hingga Camat serta Lurah dan ASN se-Kota Padang. (Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »