Belum Apa-apa, Silang Pendapat Terjadi Antara NasDem dan Demokrat soal Cawapres Anies

BENTENGSUMBAR.COM  - Belum juga menemukan sosok Cawapres sebagai pasangan Anies Baswedan, silang pendapat terjadi antara NasDem dan Demokrat.

Demokrat yakin jika cawapres Anies nantinya berasal dari internal Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Dengan demikian Demokrat optimistis bakal mengusung AHY. 

Hal itu disampaikan oleh anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan.

"Cawapresnya doain aja ya, Demokrat sih mudah-mudahan AHY kan jelas. Apalagi kan Pak Anies sudah bilang dari internal koalisi kan. Jadi Demokrat mudah-mudahan AHY (pendamping Anies)," kata Syarief di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/5/2023), dikutip detikcom.

"Secara eksplisit baru dikatakan dari internal koalisi kan, kalau bagi Demokrat mudah-mudahan ya itu ada AHY, mudah-mudahan," imbuhnya. 

Sementara itu menurut Wakil Ketua Umum (Waketum) NasDem Ahmad Ali, dalam perjanjian piagam kerja sama tidak ada syarat cawapres Anies mesti di internal koalisi.

"Jadi di piagam itu, di piagam koalisi itu sudah disepakati bahwa memberi kewenangan kepada Anies untuk memilih atau menunjuk cawapres. Itu sudah menjadi poin penting di situ. Jadi tidak ada koalisi (dari) kader, koalisi internal maupun eksternal," terang Ali saat dihubungi awak media, Jumat (12/5/2023).

Ali menegaskan, NasDem tidak pernah membahas soal calon pendamping Anies di Pilpres 2024 harus berasal dari internal koalisi. 

Justru, lanjut Ali, sejak awal perjanjian kerja sama jelas tak ada penyodoran syarat khusus untuk cawapres.

"NasDem tidak pernah mengenal itu, karena memang partai ini didirikan bukan untuk NasDem, tapi untuk bangsa. Nggak ada (cawapres dari internal koalisi atau eksternal), kita nggak pernah. Justru itu syaratnya memang, syaratnya tidak boleh mengklasifikasi itu. Cawapres terbuka," bebernya.

Ketum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, sampai saat ini Anies masih mencari sosok terbaik untuk mendampinginya di Pilpres 2024.

“Kita masih punya banyak alternatif pilihan untuk mulai memikirkan dan melihat pencapresan, duet capres-cawapres katakanlah di luar daripada NasDem, partai pengusung lainnya," ucap Paloh kepada wartawan di DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Kamis (11/5).

Sumber: Suara

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »