Panas! Final Sepak Bola RI vs Thailand Diwarnai Keributan, Indonesia Raih Emas Sepak Bola SEA Games, Tuntaskan Penantian 32 Tahun

BENTENGSUMBAR.COM - Pertandingan final sepak bola SEA Games 2023 antara Indonesia melawan Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) berlangsung panas. 

Bahkan ada insiden saling pukul terjadi di lapangan antar kedua tim.

Dilansir dari CNBC Indonesia, situasi ini terjadi ketika memasuki perpanjangan waktu imbas hasil yang diraih seri 2-2 dalam 90 menit.

Indonesia berhasil unggul meski pertandingan belum lama dimulai, membawa skor menjadi 3-2 lewat tendangan Irfan Jauhari.

Saat selebrasi dilakukan Irfan, di sisi lapangan justru terjadi keributan. Official dari kedua tim terlibat saling pukul hingga ada yang terjatuh. Petugas keamananpun tampak tidak sanggup awalnya mengendalikan situasi.

Beberapa pemain juga ikut terlibat dalam keributan tersebut.

Alhasil wasit memberikan beberapa kartu merah, baik untuk pemain maupun official tim. Pertandingan kemudian dilanjutkan.

Indonesia Raih Emas Sepak Bola SEA Games, Tuntaskan Penantian 32 Tahun


Timnas U-22 Indonesia berhasil mengulang sukses 32 tahun lalu dengan meraih medali emas di cabang sepak bola SEA Games 2023 Kamboja, dengan menang atas Thailand 5-2 pada pertandingan final, Selasa (16/5/2023).

Dilansir dari BeritaSatu, terakhir kali Indonesia meraih emas sepak bola pada ajang SEA Games 1991 di Filipina atau 32 tahun lalu. Ketika itu, tim Merah Putih juga mengalahkan Thailand.

Setelah di dua babak pertandingan bermain imbang 2-2, timnas U-22 Indonesia mencetak gol hanya semenit pada pertandingan babak tambahan waktu berlangsung.

Sempat terjadi kericuhan setelah gol Indonesia tersebut, di mana pihak Thailand baku hantam dengan kubu Indonesia.

Kerasnya pertandingan ditambah kericuhan membuat wasit mengeluarkan enam kartu merah, dengan empat untuk Thailand (3 pemain dan 2 ofisial) dan satu dari ofisial Indonesia.

Dua menit kemudian di babak kedua perpanjangan waktu 15 menit, Indonesia menambah gol menjadi 4-2 melalui Fajar Fathur Rachman. Gol ini membuat Fajar dan Ramadhan Sananta masing-masing mencetak lima gol.

Di menit ke-119 Beckham Putra menambah gol Indonesia.

Ramadhan Sananta, merayakan gol ke gawang Thailand pada final SEA Games 2023.

Indonesia di atas angin setelah satu pemain Thailand keluar lapangan terkena kartu merah akibat pelanggaran keras, dan meraih kartu kuning kedua.

Sebelumnya di akhir babak II Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Thailand di akhir babak II. Dengan demikian pertandingan final SEA Games 2023 berlanjut ke babak tambahan waktu.

Thailand berhasil menambah gol di sisa waktu terakhir memanfaatkan kelemahan pemain Indonesia yang merasa pertandingan sudah berakhir dengan skor 2-1.

Penyerang Indonesia Ramadhan Sananta memborong dua gol di babak pertama ini.

Gol di menit ke-21 berawal dari lemparan ke dalam, di mana bola dari Dewangga mengarah ke depan gawang lawan, Bola melambung yang disambut penyerang Indonesia Ramadhan Sananta melalui sundulan.

Bola masuk ke gawang setelah coba ditepis pemain Thailand.

Gol kedua kembali dihasilkan Sananta melalui tendangan spekulasi ke arah gawang di tambahan waktu dua menit babak I. 

Gol berawal dari bola fair play wasit ke pemain Indonesia yang langsung ditendang ke depan.

Sananta menyeruak di antara kepungan pemain Thailand dan melepas tendangan ke gawang yang tak terjaga kiper Soponwit Rakyart yang posisinya tengah meninggalkan gawang.

Pemain Thailand sempat melakukan protes karena bola fair play, Namun wasit menyatakan gol itu sah.

Hasil ini membuat Sananta telah mencetak lima gol di SEA Games 2023.

Kedua tim tampil saling menyerang di babak I. Thailand beberapa kali melakukan serangan berbahaya melalui umpan terobosan ke depan,

Bahkan salah satu aksi serangan Thailand memaksa kiper timnas Garuda Ernando Eri keluar dari area kotak untuk mengamankan bola.

Kedua tim tampil saling menyerang. Thailand beberapa kali melakukan serangan berbahaya melalui umpan terobosan ke depan.

Bahkan salah satu aksi serangan Thailand memaksa kiper timnas Garuda Ernando Eri keluar dari area kotak untuk mengamankan bola.

Akibatnya, Ernando terkena kartu kuning.

Di babak kedua, Thailand meningkatkan tempo serangan. Beberapa kali serangan cepat mereka mengancam gawang Indonesia.

Thailand memperkecil ketinggalan di menit 64 melalui sepak pojok, kedudukan 2-1 masih keunggulan Indonesia.

Di babak dua tambahan waktu tujuh menit, Thailand terus melakukan tekanan, dan kiper Indonesia Ernando Ari sukses menahan gempuran lawan.

Di waktu yang terisia ini Indonesia praktis lebih banyak main bertahan dengan beberapa kali melakukan serangan balik cepat.

Susunan Pemain:

Indonesia: 20 Ernando Ari; 5 Rizky Ridho, 13 Haykal Al Hafidz, 2 Bagas Kaffa, 4 Komang Teguh; 19 Alfreandra Dewangga, 7 Marselino Ferdinan, 15 Taufany Muslihuddin; 8 Witan Sulaeman, 9 Ramadhan Sananta, 14 Fajar Fathur Rachman.

Thailand: 1 Soponwit Rakyart: 6 Airfan Doloh, 2 Bukkoree Lemdee, 3 Chatmongkol Rueangthanarot, 4 Jonathan Khemdee, 5 Songchai Thongcham, 7 Channarong Promsrikaew, 8 Teerasak Poeiphimai, 10 Achitpol Keereerom, 17 Settasit Suvannaseat, 18 Thirapak Prueangna. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »