Pemko Padang dan KPU Siap Sukseskan Tahapan Penyelenggaraan Pemilu 2024, Riki Eka Putra: Tahapan Pilkada Padang Dimulai Agustus 2023

BENTENGSUMBAR.COM - Menghadapi pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 di Kota Padang, Pemerintah Kota Padang bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang sepakat bersinergi menyukseskan seluruh tahapan penyelenggaraan alek demokrasi tersebut.

Hal itu mengemuka dalam pertemuan antara Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Wakil Wali Kota (Wawako) Ekos Albar dan Sekda Andree Algamar dengan Ketua KPU Riki Eka Putra dan jajaran di Ruang Kerja Wali Kota Padang, Selasa (23/5/2023).

Dalam kesempatan itu juga hadir Kepala BKPSDM  Arfian, Kepala Kantor Kesbangpol Tarmizi Ismail dan lainnya.

Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan harapan agar pelaksanaan Pemilu dan juga pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kota Padang berjalan dengan baik dan lancar.

"Semoga Pemilu 2024 di Kota Padang berjalan dengan baik dan lancar. Kesuksesannya tidak saja dari KPU sendiri, tapi juga membutuhkan dukungan dari seluruh elemen dan masyarakat di Kota Padang. Karena ini momen pesta demokrasi yang berlangsung sekali dalam lima tahun bagi warga Kota Padang," ujar Wako Hendri Septa diamini Wawako Ekos Albar dan Sekda Andree Algamar saat itu.

Sementara itu Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra mengatakan, dalam pertemuan ini pihaknya ingin menyampaikan kondisi tahapan penyelenggaraan Pemilu di Kota Padang kepada Pemko Padang.

"Selain itu kita juga ingin berkoordinasi untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pada penyelenggaraan tahapan berikutnya. Apalagi hari pemungutan suara kita cukup panjang yaitunya pada 14 Februari 2024. Jadi masih panjang waktu bagi kita untuk mengelola tahapan Pemilu atau pun Pikada Kota Padang. Namun harus mulai dari sekarang kita mempersiapkan segala sesuatunya," ujarnya.

Selain itu, Riki Eka Putra juga membeberkan, perihal Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang sebagaimana telah ditetapkan yaitu akan digelar pada Pemilu serentak 27 November 2024 mendatang. 

"Untuk tahapan penyelenggaran pemilihan kepala daerah bagi Kota Padang ini sudah dimulai pada Agustus tahun ini," terangnya.

Saat ini, kata Riki, pihaknya tengah disibukkan dalam menjalankan tahapan pencalonan Pemilu legislatif 2024. 

"Sekarang di KPU Kota Padang sedang berlangsung proses verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon anggota DPRD Kota Padang pada Pemilu 2024. Jumlahnya sebanyak 790 orang yang terdiri dari 18 partai politik."

"Hasil verifikasinya akan kita umumkan pada 24 dan 25 Juni nanti. Setelah itu kita akan berikan waktu bagi partai politik memperbaiki dokumennya dari 26 Juni sampai 9 Juli. Kemudian secara bertahap barulah KPU Kota Padang menetapkan secara resmi para daftar calon sementara (DCS) yang akan diumumkan kepada publik," terangnya. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »