Sosialisasi Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah, Berikan Kepastian Hukum Kepada Keluarga

BENTENGSUMBAR.COM - Sebagai salah satu bentuk dukungan Pemerintah terhadap jaminan kepastian hukum seeorang yang sudah menikah khususnya hak seorang perempuan dan anak, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menggelar Sosialisasi Pelayanan Terpadu Sidang Itsbat Nikah Pencatatan Peristiwa Perkawinan dan Penertiban Dokumen Adminduk.

Kegiatan diikuti  Kepala KUA beserta operator, dan Wali Nagari se Kabupaten Padang Pariaman tersebut dibuka  Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang bertempat di Hall IKK Parit Malintang pada Senin, (22/05/2023).

Wabup Rahmang mengapresiasi Disdukcapil Padang Pariaman yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini diharapkan mampu menjawab segala persoalan yang dialami oleh masyarakat yang berkaitan dengan pencatatan perkawinan.

"Maka manfaatkanlah momen ini dengan sebaik-baiknya, sehingga Bapak/Ibu dapat menjadi corong untuk menyebarluaskannya kepada masyarakat," terang  Rahmang.

Rahmang menerangkan, untuk mewujudkan keluarga bahagia sejahtera dan memberikan kepastian serta perlindungan hukum bagi seluruh anggota kelurga, maka itsbat nikah memiliki peran penting bagi pasangan suami istri yang pernikahannya belum tercatat.

"Apabila status pernikahan belum tercatat, maka hal ini akan menjadi beban pembangunan dimasa yang akan datang, dan mempersulit administrasi untuk anak cucu kita nantinya," ungkapnya.

Kepala Bidang Pencatatan Sipil Yusneli Roza dalam laporannya menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta sosialisasi tentang tata cara dan persyaratan pengururusan itsbat nikah pencatatatan peristiwa perkawinan dan penertiban dokumen Adminduk.

Hadir menjadi narasumber Ketua Pengadilan Agama Pariaman Anneka Yosihilma, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman Indra Utama.

Serta dihadiri oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Padang Pariaman. (R/at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »