Sudah Level Dunia, Jokowi Disebut Tak Pantas Cawe-cawe di Urusan Pilpres

BENTENGSUMBAR.COM - Dosen ilmu komunikasi dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Hasrullah menilai level Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menjadi negarawan kelas dunia.

Menurut Hasrullah, sudah semestinya Presiden Ketujuh RI itu memainkan peran lebih penting di tingkat dunia ketimbang sibuk mengurus soal calon penggantinya.

Hasrullah menuturkan Presiden Jokowi berhasil memanfaatkan forum-forum tingkat dunia, termasuk KTT ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 9–11 Mei 2023. 

Menurut Hasrullah, dirinya bangga dengan langkah Presiden Jokowi mengajak para kepala negara ASEAN menaiki pinisi sembari menikmati matahari terbenam.

“Jokowi tepat memilih pinisi, kapal cipta karya dari Bulukumba, Sulawesi Selatan. Sejak pinisi lahir, kompas dan setiap biduknya tak pernah salah mengantar kapten menuju dermaga dan berlayar melayani ombak samudra,” ujar Hasrullah melalui layanan pesan.

Oleh karena itu Hasrullah mendorong Presiden Jokowi mengambil peran lebih di tingkat dunia. 

“Jokowi sebetulnya bisa lebih banyak meluangkan waktu memainkan peran sebagai negarawan di tingkat dunia daripada terkesan banyak mengurus koalisi copras-capres,” ulasannya.

Pendapat senada juga datang dari dosen ilmu komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo. 

Koordinator Asosiasi Komunikolog Indonesia itu menyebut kinerja dan citra Presiden Jokowi tersebut akan meningkatkan level kenegarawanan sekaligus membawa nama baik Indonesia.

“Momentum ini akan meningkatkan kredibilitas untuk dapat melakukan hubungan diplomatik yang mumpuni di akhir masa jabatan," tuturnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »