Bukan AHY, Anies Baswedan Masih Pertimbangkan Cawapres dari Kalangan Tokoh NU

BENTENGSUMBAR.COM - Bukan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies Baswedan diyakini masih mempertimbangkan tokoh-tokoh dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) untuk menjadi pendamping di Pilpres 2024.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam mengatakan, Anies belum tentu mau disandingkan dengan AHY.

Pasalnya, Anies pasti akan berpikir efek elektoral yang akan berpengaruh terhadap tingkat keterpilihan dirinya dalam pilpres.

"Simalakama bagi Anies, di satu sisi ia butuh Demokrat untuk dapat memenuhi PT 20 persen sehingga dirinya dapat dengan mudah mendapatkan tiket capres," ujar Saiful Anam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (2/6).

"Namun, di sisi yang lain ada kekhawatiran Anies jika dipaksakan bersanding dengan AHY, di mana kita tau AHY masih minim pengalaman dan signifikansi elektoralnya juga masih dapat dikalahkan oleh kalangan yang berafiliasi dengan massa NU misalnya," bebernya menambahkan.

Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini melihat, Anies masih melirik tokoh dari kalangan NU. 

Sehingga, sangat sulit bagi Anies untuk segera menentukan AHY sebagai pasangan kandidat Cawapresnya pada 2024 mendatang.

"Anies sedang berhitung apakah AHY akan mampu memberikan efek elektoral bagi dirinya. Anies saya lihat justru lebih mempertimbangkan kalangan tokoh-tokoh NU untuk dapat dijadikan pendampingnya pada 2024 mendatang," katanya.

Dengan demikian, Saiful menilai, saat ini Anies sedang memiliki beban berat di internal, hingga harus mengahalau adanya penjegalan dirinya dari eksternal.

"Bisa jadi jikapun dipaksakan Anies justru menderita kekalahan jika tidak sesuai dengan kata hatinya dalam menentukan pendampingnya pada Pilpres 2024 mendatang," pungkas Saiful.

Sumber: RMOL

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »