Anak Ferdy Sambo Lolos Akpol 2023, Adi Abdillah: Bukti Nyata Kongkalingkong Proses Seleksi

BENTENGSUMBAR.COM -  Tribrata Putra, anak dari pasangan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi baru saja lolos seleksi masuk Akademi Polisi (Akpol) 2023.

Anak dari Ferdy Sambo yang merupakan terpidana mati kasus pembunuhan Brigadir J ini baru saja lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara Magelang pada 6 Mei 2023.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Provinsi Banten H Adi Abdillah Marta mengatakan menjadi polisi, apalagi lulusan Akpol, adalah impian bagi berjuta anak lain di seantero Indonesia yang jauh lebih 'bersih' dari sejarah masa lalu dan non trauma kasus hukum orangtuanya.

"Saya kira hak menggapai mimpi bagi jutaan anak lain selain anak FS juga patut diperjuangkan LPAI. Jadi, untuk membersihkan lantai kotor harus memakai sapu yang bersih, dengan mengganti sapu yang telah kotor dengan sapu lain yang lebih bersih," kata Adi Abdillah dalam keterangan tertulisnya yang diterima Wartakotalive.com, Kamis (27/7/2023).

Menurutnya lolosnya Tribrata Putra menjadi Akpol 2023 adalah bukti adanya kongkalingkong dalam proses seleksi penerimaan.

"Maka kemudian lulusnya anak FS di Akpol hanya menjadi bukti nyata kongkalingkong proses seleksi penerimaan para calon tarunanya saja," kata Adi.

Adi mengatakan Tribrata lebih pantas menjadi praktisi agama sebagai pembuktian masa depannya yang jauh lebih baik.

"Bagi saya, anak FS lebih baik menjadi praktisi agama (menjadi pendeta dan sejenisnya). Jadi perbaikan imej tak hanya sebatas narasi tapi pembuktian bahwa anak FS lebih baik masa depannya. Banyak ruang kiprah yang lebih elegan bagi anak FS hanya ketimbang menjadi polisi (lagi)," katanya.

Bertugas di Jambi

Sebelumnya terkait lolosnya Tribrata Putra menjadi Akpol 2023, Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel mengatakan dirinya teringat dulu ketika Kak Seto mengimbau publik agar jangan menghujat anak-anak Ferdy Sambo.

"Anak-anak, kata Kak Seto, berhak dilindungi dari tindak kekerasan dan diskriminasi. Saya juga terima kabar, Kak Seto dkk ke Mako Brimob dan Magelang," kata Reza kepada Wartakotalive.com, Rabu (26/7/2023).

"Nah, bahwa anak FS kemudian bisa melalui tahap seleksi Akpol yang pasti sangat ketat dan berat, itu bukti bahwa anak FS tetap mampu bertahan di tengah situasi sulit. Dalam bahasa psikologi, anak FS punya daya lenting dalam situasi kritis," ujar Reza.

Dengan komitmen yang Kak Seto berikan, menurut Reza, patut publik berasumsi, resiliensi anak FS juga dihasilkan dari keberpihakan Kak Seto pada anak-anak.

"Tak terkecuali anak-anak FS. Berkat kepedulian yang Kak Seto berikan, anak-anak tetap mampu beradaptasi bahkan berprestasi," katanya.

Tinggal lagi, menurut Reza, bagaimana anak FS nantinya juga punya kesungguhan hati untuk 'membayar' jasa Kak Seto.

"Yaitu, dengan menjadi polisi sahabat anak. Ini sesuai dengan salah satu kampanye Kak Seto dan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), yaitu Polsana," kata Reza.

"Lain hal, saya bertanya-tanya, kelak jika bertemu Richard Eliezer, apa yang akan anak FS katakan? Toh, hitung-hitungan di atas kertas, anak FS akan selalu berpangkat lebih tinggi daripada RE. RE yang notabene dipaksa menjadi eksekutor untuk menghabisi mendiang Josua Hutabarat," beber Reza.

Dan, kata Reza bagaimana pula sikap anak FS, selaku insan Tribrata yang bertugas melayani-melindungi-mengayomi, terhadap keluarga mendiang Joshua.

"Sangat elok jika Polri mempertimbangkan untuk menugaskan anak FS agar bisa melayani masyarakat di wilayah tempat keluarga mendiang Joshua. Siapa tahu restorative justice yang hakiki akan berlangsung di situ," ujar Reza.

"Yaitu, anak FS menjadi perpanjangan tangan orangtuanya yang sempat meminta maaf ke keluarga mendiang Joshua," katanya.

Sosok Anak Ferdy Sambo

Sosok anak Ferdy Sambo, Tribrata Putra lolos Akpol 2023 dan digadang-gadang menggantikan posisi sang ayah di Kepolisian.

Diketahui, Tribrata Putra dinyatakan lulus dari sekolah Taruna Nusantara, pada Mei 2023 lalu.

Lalu siapa sosok Tribrata Putra?

Pria akrab disapa Brata ini adalah siswa angkatan ke-31 di SMA Taruna Nusantara Magelang.

Pada kesempatan itu, Trisha Eungelica mendampingi Brata saat seremoni kelulusan.

Tribrata Putra merupakan anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi yang ketiga dari empat bersaudara.

Ia memiliki saudara, diantaranya Trisha Eungelica kakak pertama, kedua Trishanna Datia, ketiga Tribrata Putra dan yang bungsu Triardana Arka.

Tak seperti sang kakak Trisha Eungelica yang aktif dalam bermain media sosial, Brata tak terlalu aktif dalam bermain media sosial.

Ia memilih fokus kepada pendidikannya. Sosoknya pun jarang muncul dan terungkap ke publik.

Anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi yang akrab disapa Brata ini dinyatakan lolos berdasarkan pengumuman Sidang Akhir Rekrutmen Calon Taruna (Catar) Akpol 2023 yang diumumkan pada Senin, 24 Juli 2023.

Pengumuman Tribrata Putra lolos masuk Akpol 2023 itu disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Penyediaan Personel.

Kabar kelulusan Brata ini mencuat setelah akun fanbase sang ayah, Ferdy Sambo, yakni @ferdysambo_official, mengunggah postingan kepada Brata.

Brata mendapatkan ucapan selamat karena berhasil lolos Akpol 2023.

Lewat unggahan instagram story-nya, akun fanbase Ferdy Sambo memberikan selamat kepada Brata.

“Congrats mas,” tulis @ferdysambo_official sambil mengunggah foto Brata yang diduga bersama neneknya.

Anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi yang akrab disapa Brata ini dinyatakan lolos berdasarkan pengumuman Sidang Akhir Rekrutmen Calon Taruna (Catar) Akpol 2023

Kelolosan ini juga menjadi langkah awal Tribrata Putra sebagai penerus Ferdy Sambo di institusi Polri.

Seperti diketahui, Ferdy Sambo ditahan di Rutan Mako Brimob, dan sang ibu, Putri Candrawathi ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung RI, Jakarta.

Sumber: wartakota

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »