Jokowi Sebut FIFA Punya Hak Prerogatif Memilih Stadion Piala Dunia U-17, JIS Hanya Opsi Kedua?

BENTENGSUMBAR.COM - Sampai saat ini Federasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA), belum menentukan sejumlah venue yang akan digunakan untuk pertandingan dalam Piala Dunia U-17. 

Untuk ajang Piala Dunia U-17 sendiri, rencananya akan berlangsung di Indonesia pada November hingga Desember 2023 mendatang.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah menyiapkan sekitar delapan stadion sebagai venue untuk ajang tersebut. 

Namun, Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) menyebut FIFA yang lebih memiliki hak prerogatif sebagai pihak yang berwenang untuk memilih Stadion yang akan digunakan.

"Yang menentukan (stadion) FIFA bukan presiden, tugas kita menyiapkan memperbaiki, merenovasi. Kalau sudah FIFA ke sini, siap nggak? Jadi itu," kata Jokowi di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung, Rabu (12/7/2023).

PSSi sendiri sebelumnya sudah mengumumkan delapan Stadion yang akan diajukan ke FIFA sebagai venue ajang Piala Dunia U-17. 

Stadion itu, yakni Gelora Bung Karno (Jakarta), Gelora Sriwijaya (Palembang), Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali). 

Untuk dua Stadion lain, seperti Jakarta International Stadium (JIS) dan satu stadion lainnya yang masih menjadi tanda tanya. Karena hanya disebut berada di sekitaran Jakarta.

"6-8 stadion (disiapkan) tapi nanti sekali lagi ini ada dicek FIFA yang mana yang akan ditentukan sehingga yang menentukan sekali lagi adalah FIFA kita menyiapkan saja," ungkapnya. 

Pada ajang Piala Dunia U-20 yang batal berlangsung di Indonesia. FIFA sendiri memilih enam venue. 

Bisa jadi hal yang sama juga terjadi untuk ajang Piala Dunia U-17, dan delapan Stadion yang di ajukan PSSI akan menjalani proses seleksi yang ketat dari FIFA.

Indonesia ditunjuk FIFA menggantikan Peru sebagai tuan rumah sebelumnya di ajang Piala Dunia U-17 tahun ini. 

Kejuaraan itu berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember 2023.

Sumber: fajar.co.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »