Kepala SMKN 1 Enam Lingkung: Kasihan Anak-Anak Sekarang Kurang Membaca

Kepala SMKN 1 Enam Lingkung: Kasihan  Anak-Anak Sekarang  Kurang Membaca
Kepala SMKN 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumbar Alza Syofyan, Senin (2/10/2023) di ruang kerjanya saat menerima kunjungan Sekretaris DPD SatuPena Sumbar Armaidi Tanjung. 
BENTENGSUMBAR.COM
- Rendahnya literasi membaca siswa harus ada terobosan yang dilakukan agar peningkatan literasi membaca siswa tersebut meningkat.

Menjawab kondisi demikian, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Enam Lingkung siap mencanangkan GELISAH. 

Demikian diungkapkan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat  Alza Syofyan, Senin (2/10/2023) di ruang kerjanya saat menerima kunjungan Sekretaris DPD SatuPena Sumatera Barat Armaidi Tanjung. 

Alza didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Fatmawati, S.Pd dan pemenang lomba menulis artikel peringatan HUT RI  Dini Aulia Putri (kelas 11 MPLB2).

Menurut Alza, GELISAH merupakan gerakan literasi sekolah. Gerakan ini memberikan ruang yang lebih banyak kepada siswa untuk membaca di berbagai sudut dan ruangan yang ada  di SMKN 1 Enam Lingkung ini.

Minimal dalam satu hari, masing-masing siswa membaca selama 15 menit. Apa pun bukunya, selain buku pelajaran. 

Yang penting itu mereka memanfaatkan waktu 15 menit untuk membaca buku yang ada di pojok buku. Di perpustakaan lumayan banyak buku yang bisa disebar ke pojok-pojok baca yang tersedia. 

“Ruang-ruang di sekolah ini banyak. Bisa disiapkan menjadi tempat ruang baca yang santai. Sehingga anak-anak nyaman dan tidak hanya terpaku di ruang perpustakaan. Dibuat senyaman mungkin anak-anak sehingga betah membaca buku di sudut-sudut yang disediakan buku,” kata Alza Syofyan. 

“Kita kasihan kepada anak-anak sekarang yang kurang membaca. Kurang membaca tersebut sangat merugikan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Banyak waktu anak-anak yang dihabiskan dengan bermain hape android," ujarnya.

Dari data rapor anak-anak, memang rendah literasi dan numerasinya. Kondisi ini tentu menyedihkan. Harus ada kebijakan dan langkah-langkah yang tepat untuk mendorong peningkatan literasi siswa. 

GELISAH ini diharapkan mampu mendorong siswa lebih banyak membaca. Sehingga literasinya juga meningkat. 

“Pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 lalu, SMKN 1 Enam Lingkung mulai mengadakan lomba menulis artikel. Keluar sebagai juara umumnya  Dini Aulia Putri (kelas 11 MPLB2) dengan hadiah sepeda. Lomba ini juga mendorong siswa untuk lebih banyak membaca sehingga mampu melahirkan tulisan yang baik,” kata Alza Syofyan.

Sekretaris DPD SatuPena Sumatera Barat Armaidi Tanjung mengapresiasi lomba yang sudah dilaksanakan dan GELISAH di SMKN 1 Enam Lingkung. 

“Ini menunjukkan Kepala Sekolahnya memiliki kepedulian terhadap upaya menumbuhkembangkan minat baca siswa. Memang harus ada kebijakan khusus dari kepala sekolah untuk mendorong agar siswa memiliki minat membaca buku. Sehingga akan banyak melahirkan para generasi berpendidikan, berkualitas,  memiliki wawasan luas dengan banyak membaca,” kata Armaidi penulis puluhan buku ini. 

Diharapkan kepala sekolah bisa melakukan gerakan di sekolahnya untuk mendorong tumbuh berkembangnya minat baca ini. 

Sekolah dengan kewenangannya bisa berbuat lebih banyak untuk mendorong tumbuhnya minat baca di kalangan siswa, kata Armaidi menambahkan.  (r)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »