Perkuat Mitigasi Bencana, Pemko Padang Gelar SPAB, Ini Arahan Sekdako Andree Algamar

Perkuat Mitigasi Bencana, Pemko Padang Gelar SPAB
Pemerintah Kota Padang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Bimtek Penyelenggaraan Program SPAB.
BENTENGSUMBAR.COM
- Pemerintah Kota Padang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Bimtek Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Sekda Andree Algamar dalam arahannya menyebut perlu adanya pencegahan dan mitigasi bencana, melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) berupaya mendorong keberlangsungan layanan pendidikan pada satuan pendidikan yang terdampak bencana.


"Sehingga memerlukan penanganan pada situasi darurat dan pasca bencana yang komprehensif dengan melibatkan berbagai pihak. Melalui  Bimbingan Teknis (Bimtek) Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) mampu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam penanggulangan bencana," jelasnya, di Balai Kota Aia Pacah, Senin (4/3/2024).

Ia melanjutkan terdapat empat hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan mitigasi bencana, di antaranya tersedia informasi dan peta kawasan rawan bencana, adanya sosialisasi dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat.

"Kemudian mitigasi bencana serta mengatur penataan kawasan rawan bencana untuk mengurangi ancaman bencana. Kita harus bersama-sama berkomitmen dalam upaya penanganan bencana," imbuhnya.


Sementara itu, Kepala BPBD Hendri Zulviton menyebut kegiatan berlangsung 4-5 Maret, diikuti 60  orang yang terdiri dari Kepala Sekolah SD, SMP, MTSN yang berada pada zona merah.

"Program SPAB agar diimplementasikan secara mandiri dan terpadu. Mari kita manfaatkan Bimtek ini sebagai sarana untuk memahami mitigasi bencana," harapnya.(MA / Charlie)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »