Rekapitulasi KPU Sumbar Berakhir, Prabowo-Gibran Menang di Pessel, Sijunjung, Mentawai, Dharmasraya dan Solsel

Rekapitulasi KPU Sumbar Berakhir, Prabowo-Gibran Menang di Pessel, Sijunjung, Mentawai, Dharmasraya dan Solsel
KPU Sumbar telah selesai menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilu serentak tahun 2024 tingkat Provinsi Sumatera Barat, Ahad, 10 Maret 2024.
BENTENGSUMBAR.COM
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat telah selesai menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilu serentak tahun 2024 tingkat Provinsi Sumatera Barat, Ahad, 10 Maret 2024.

Seperti sudah diprediksi, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berhasil memenangkan pertarungan pemilihan presiden di Ranah Minang.


Pasangan yang diusung partai Nasdem, PKB, PKS dan partai Ummat ini berhasil meraup 1.744.042 pemilih di Ranah Bundo Kanduang. 

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menang di seluruh kota dan 7 kabupaten, dan hanya menyisakan 5 kabupaten untuk kemenangan pasangan Prabowo-Gibran di Provinsi Sumatera Barat.


Pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraup 1.143.653 suara pemilih Sumbar.

Pasangan 02 ini menang di daerah yang rata-rata kepala daerahnya merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan menjadi basis suara partai banteng tersebut, yaitu Pesisir Selatan, Dharmasraya dan Mentawai.


Selain itu, pasangan yang diusung partai Gerindra, Golkar, PAN, PBB, PSI, dan Gelora juga meraih kemenangan di daerah yang kepala daerahnya dijabat Partai Golkar, yaitu Kabupaten Sijunjung dan Solok Selatan.

Di Kabupaten Pesisir Selatan, Prabowo-Gibran meraup 140.454 suara, Sijunjung meraup 75.019 suara, dan Mentawai meraup 27.141 suara.


Sementara itu, di Kabupaten Dharmasraya pasangan presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran meraup 87.903 suara dan Solok Selatan meraup 60.149 suara.

Kekalahan telak di Sumatera Barat dialami pasangan nomor urut 03 yang diusung PDIP, PPP, Hanura dan Perindo, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang hanya meraup 124.044 suara pemilih Sumatera Barat.

Pewarta: Zamri Yahya

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »