14 hari Libur Lebaran, Produksi Sampah di Kota Bukittinggi meningkat 100 persen

14 hari Libur Lebaran, Produksi Sampah di Kota Bukittinggi meningkat 100 persen
Membludaknya wisatawan ke Kota Bukittinggi selama liburan idul Fitri 1445 H/2024 membuat produksi sampah meningkat signifikan.
BENTWENGSUMBAR.COM
- Membludaknya wisatawan ke Kota Bukittinggi selama liburan idul Fitri 1445 H/2024 membuat produksi sampah meningkat signifikan.

Namun masih bisa di bersihkan oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup sesuai dengan jadwalnya.

Dinas Lingkungan Hidup mencatat, selama 14 hari libur lebaran, pihaknya membersihkan 1.722 ton sampah atau setara dengan 283 truk

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengapresiasi kinerja petugas kebersihan Bukittinggi, yang telah bekerja keras menjaga kebersihan kota Jam Gadang.

Tidak hanya di pusat keramaian, kebersihan dari lingkungan perumahan juga terus dijaga.

“Alhamdulillah, dengan kerja keras petugas kebersihan kita, semua persoalan sampah bisa diselesaikan. Mungkin ada beberapa persoalan keterlambatan, itu hal lumrah, karena memang jumlah sampah yang membludak, mencapai 1.772 ton, tentu menyita waktu juga untuk pembersihan dan pengangkutannya. 

Termasuk kondisi jalan yang ramai, tentu akan menghambat kelancara. Tapi Alhamdulillah, semua bisa ditangani. Terima kasih pada petugas kebersihan kita,” ujar Wako Erman Safar.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkingan Hidup, Aldiasnur, menambahkan, sejak tanggal 8 April hingga 21 April 2024, produksi persampahan Bukittinggi meningkat. 

Selama 14 hari itu, 1,772 ton sampah dibersihkan, atau 126,5 ton perhari yang  diangkut ke TPA Regional di Payakumbuh.

Padahal sebelumnya pasca jebolnyo TPA Regional di Payakumbuh,sampah di bawa ke TPA Aie Dingin Kota Padang dan TPA Sungai Jariang, Lubuak basuang Kabupaten Agam.

Menurut Aldiasnur, sebelum lebaran, volume sampah di Bukittinggi berkisar 95 sampai 100 ton perhari, dan selama liburan idul Fitri mencapai 126,5 ton perhari, jelasnya

“Jumlah itu setara dengan 283 truk. Itu yang kita upayakan pembersihannya selama 14 hari libur lebaran. Alhamdulilah semua tertangani dengan baik, dengan mengerahkan 225 orang  Petugas lapangan pengelolaan sampah," ungkapnya. (Hermiko)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »