Tak Jadi Umumkan Sikap Politik PDIP terhadap Prabowo-Gibran, Megawati: Gue Mainin Dulu

Tak Jadi Umumkan Sikap Politik PDIP terhadap Prabowo-Gibran, Megawati: Gue Mainin Dulu
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tidak jadi mengumumkan sikap politik PDIP terhadap pemerintahan periode 2024-2029.
BENTENGSUMBAR.COM
- Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tidak jadi mengumumkan sikap politik PDIP terhadap pemerintahan periode 2024-2029 di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di acara penutupan Rakernas V di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Megawati mengaku akan melakukan kalkulasi secara politik terlebih dahulu.

"Kan harus dihitung secara politik lho. Enak saja, ini kan wartawan paling tungguin iki. Sikap dari rakernas, tadi pagi saya baca Kompas, akan menentukan sikap blablabla, haha, aku sambil sarapan gitu kan, aku bilang, haha, enak saja. Gue mainin dulu dong," ujar Megawati.

Megawati mengingatkan seluruh kader PDIP untuk disiplin berada di bawah komandonya. 

Dia mengaku akan menindak tegas kader partai yang berjalan di luar komandonya.

"Maka, sikap politik PDI Perjuangan didasarkan pada pemikiran, mana yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik, berdaulat dan lebih berdiri di atas kaki sendiri, itulah landasan pilihan sikap politik kita. Makanya kalau tidak ada yang ikut, tidak berdisiplin dan tahu toh, ibu mau ngapain? Nah," tandas Megawati.

Sebelumnya, Rakernas V PDIP memberikan mandat kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menetapkan sikap politik terhadap pemerintahan baru, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.

Megawati akan menentukan apakah PDIP berada di dalam atau di luar pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya.

"Oleh karena itu, Rakernas V partai memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Umum PDI Perjuangan sesuai dengan ketentuan Pasal 15 Anggaran Rumah Tangga PDI Perjuangan untuk menentukan sikap politik Partai terhadap pemerintah," ujar Ketua DPP PDIP bidang Politik, Puan Maharani saat membacakan rekomendasi eksternal Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Puan mengatakan, pemberian mandat kepada Megawati berdasarkan kajian terhadap persoalan-persoalan bangsa baik nasional maupun internasional. 

Menurut Puan, para kader PDIP menilai butuh keteguhan kepemimpinan partai di dalam menghadapi transisi pemerintahan ke depan.

"Rakernas V partai telah melakukan kajian mendalam terhadap berbagai persoalan bangsa dan negara, baik nasional maupun internasional. Berbagai persoalan tersebut di atas mengandung potensi kerawanan yang harus dicermati langkah mitigasinya agar tidak menciptakan krisis. Rakernas V memandang pentingnya keteguhan kepemimpinan partai di dalam menghadapi transisi pemerintahan ke depan," jelas Puan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »