Walikota Padang Lakukan Mediasi Terkait Keberadaan Krematorium HBT

Wako Mahyeldi Foto Bersama Dengan Tokoh Masyarakat Tionghoa Usai Mediasi.

Walikota Padang Lakukan Mediasi Terkiat Krematorium HBT
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Padang memediasi kisruh keberadaan krematorium HBT di kawasan padat pemukiman yang diprotes sebagian kalangan. Kali ini, mediasi yang langsung dipimpin Walikota Padang tersebut menghadirkan pihak HBT, HTT, Klenteng See Hin Kiong dan Katedral Santo Yusuf, Senin, 27 Maret 2017, bertempat di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang. 

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Pemerintah Kota Padang melakukan evaluasi dan koordinasi dengan masyarakat kawasan Pondok terkait lokasi krematorium yang dikelola oleh organisasi kematian Himpunan Bersatu Teguh (HBT) di Jalan Pasar Borong III Kecamatan Padang Selatan. 

"Alhamdulillah, seluruh pihak dalam pertemuan tersebut sepakat untuk menghentikan operasional krematorium yang berada di Jalan Pasar Borong III Kecamatan Padang Selatan tersebut sampai ada keputusan tetap," ungkap Mahyeldi kepada wartawan.

Dikatakan Mahyeldi, terkait lokasi akan dirapatkan dalam pertemuan yang akan dilakukan dalam beberapa hari kedepan dan untuk sementara pengelolaan krematorium ini akan dipegang oleh Klenteng See Hin Kiong. 

Ia mengatakan, krematorium ini merupakan kebutuhan warga kota sehingga pemerintah memiliki kewajiban untuk memfasilitasinya. 

"Untuk itu terkait tempat yang akan dijadikan lokasi krematorium, kita juga mengajak masyarakat sekitar kawasan pondok untuk mencari solusi terkait lokasi krematorium. Akan kita musyawarahkan hal ini dan tidak akan melanggar aturan yang ada, " ungkap Mahyeldi.

Sementara Kabid Organisasi Hok Tek Tong (HTT) Albert Hendra Lukman mengatakan pihaknya telah bersepakat untuk lokasi krematorium tidak lagi dilaksanakan di lokasi padat penduduk.

Albert menegaskan, berdasarkan pertemuan dengan petinggi-petinggi beserta masyarakat Tionghoa Kota Padang pada Minggu, 26 Maret 2017 kemaren, telah mengeluarkan suatu kesepakatan terkait krematorium ini.

"Persoalannya, ini tidak berbicara antara organisasi HBT dan HTT di Padang. Tapi, berbicara persoalan masyarakat Tionghoa di Padang serta mendukung kerukunan umat beragama. Pada prinsipnya masyarakat etnis Tionghoa di Kota Padang lebih mengepentingkan kerukunan umat beragama, " tegas Albert.

"Semuanya telah selesai tidak ada lagi persoalan ini dan itu. Hal ini jelas tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 90 Tahun 1987 terkait pemakaman. Dimana dalam regulasi tersebut menyebutkan bahwa krematorium tersebut harus berada di tempat pemakaman umum dan jauh dari rumah penduduk," ujarnya.

Ia mengatakan, intinya dalam musyawarah ini, pihaknya tidak ingin ada polemik yang menyebabkan kerusakan kerukunan umat beragama di kawasan Pondok yang telah lama terjaga. (by/mb)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Walikota Padang Lakukan Mediasi Terkait Keberadaan Krematorium HBT
Walikota Padang Lakukan Mediasi Terkait Keberadaan Krematorium HBT
Wako Mahyeldi Foto Bersama Dengan Tokoh Masyarakat Tionghoa Usai Mediasi.
https://4.bp.blogspot.com/-N4m4Wi3XM0w/WNlRBa_GTTI/AAAAAAAAo60/W9-azCP6BIograIlONxQFRpgSnN2K4uQQCLcB/s640/Wako%2Bdan%2BHBT.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-N4m4Wi3XM0w/WNlRBa_GTTI/AAAAAAAAo60/W9-azCP6BIograIlONxQFRpgSnN2K4uQQCLcB/s72-c/Wako%2Bdan%2BHBT.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/03/walikota-padang-lakukan-mediasi-terkiat.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/03/walikota-padang-lakukan-mediasi-terkiat.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy