Ambisi Donald Trump Hentikan Program Nuklir Korea Utara Dipatahkan Senator AS

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan sanksi-sanksi baru terhadap para individu dan perusahaan yang menjalin usaha dengan Korea Utara.

Ambisi Donald Trump Hentikan Program Nuklir Korea Utara Dipatahkan Senator AS
BENTENGSUMBAR.COM - Hubungan Amerika Serikat dan Korea Utara kian memanas. Pemimpin negara diantara kedua belah pihak saling ancam mengancam, terkait program senjata nuklir Korea Utara. 

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan sanksi-sanksi baru terhadap para individu dan perusahaan yang menjalin usaha dengan Korea Utara sehubungan dengan program nuklirnya.

Presiden Trump mengatakan langkah ini ditempuh dengan tujuan untuk "memutus sumber-sumber pendapatan yang digunakan untuk mendanai usaha Korea Utara mengembangkan senjata paling mematikan yang pernah dikenal oleh manusia".

Sektor-sektor yang dijadikan sasaran adalah industri tekstil, perikanan, teknologi informasi dan manufaktur.

Guna menjalankan perintah eksekutif baru dengan sasaran akhir Korea Utara, Presiden Trump memberikan wewenang kepada Departemen Keuangan AS untuk memberikan sanksi-sanksi kepada perusahaan-perusahaan dan berbagai institusi keuangan yang menjalin bisnis dengan Korea Utara.

Di bagian lain, ia memuji Cina dengan mengatakan pemerintah negara itu telah memerintahkan bank-banknya menghentikan bisnis dengan Korea Utara.

Pengumuman Presiden Trump ini dikeluarkan setelah Presiden Korea Selatan Moon Jae-In berpidato di Sidang Umum Bangsa-Bangsa (PBB). Disebutkan dalam pidatonya bahwa Korea Selatan tidak ingin Korea Utara runtuh tetapi negara tetangga itu harus menghentikan program nuklirnya dan kembali ke meja perundingan.

Korea Utara sudah dikenai sanksi-sanksi baru oleh PBB menyusul uji coba nuklir yang terbaru.

Uji coba nuklir dan balistik yang dilakukan oleh Korea Utara meningkatkan ketegangan selama beberapa minggu terakhir. Meskipun mendapat tekanan internasional, Korea Utara terus melakukan uji coba.

Dalam pidato di Sidang Umum PBB pada Selasa, 19 September 2019 lalu, Presiden Trump berjanji untuk "menghancurkan secara total" Korea Utara jika negara itu mengancam Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya.

Namun Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-ho menyamakan pidato Presiden AS bagai 'gonggongan anjing.' Dikatakannya, "Ada pepatah yang menyatakan: 'Biarlah anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu'."

Sejumlah senator AS telah sepakat dengan penilaian badan intelijen Amerika bahwa Amerika Serikat tidak dapat berbuat banyak untuk memaksa Korea Utara agar menghentikan program senjata nuklirnya, sebuah laporan mengatakan.

Seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS mengakui dalam sebuah pertemuan dengan para senator pada hari Kamis, 28 September 2017 bahwa badan-badan intelijen AS percaya Korea Utara tidak akan pernah menghentikan program nuklirnya, menurut The Associated Press.

Susan Thornton, asisten menteri luar negeri untuk Asia Timur dan Pasifik, mengatakan bahwa Departemen Luar Negeri dan beberapa agen federal "menguji" kesimpulan badan intelijen terhadap Korea Utara.

(by/bbc.com/islamtimes.org)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Ambisi Donald Trump Hentikan Program Nuklir Korea Utara Dipatahkan Senator AS
Ambisi Donald Trump Hentikan Program Nuklir Korea Utara Dipatahkan Senator AS
Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan sanksi-sanksi baru terhadap para individu dan perusahaan yang menjalin usaha dengan Korea Utara.
https://2.bp.blogspot.com/-j0-ZvCxHMUg/Wc5fU5fErYI/AAAAAAAAwGA/77sDdQQzMZEi8g9I4Z3e8acnWA1Q-c5ZACLcBGAs/s640/Donald%2BTrump.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-j0-ZvCxHMUg/Wc5fU5fErYI/AAAAAAAAwGA/77sDdQQzMZEi8g9I4Z3e8acnWA1Q-c5ZACLcBGAs/s72-c/Donald%2BTrump.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/ambisi-donald-trump-hentikan-program.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/ambisi-donald-trump-hentikan-program.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy