Jaksa Agung Mengaku Sulit Lanjutkan Kasus Papa Minta Saham

Jaksa Agung M. Prasetyo.

Jaksa Agung Mengaku Sulit Lanjutkan Kasus Papa Minta Saham
BENTENGSUMBAR. COM - Jaksa Agung M. Prasetyo mengatakan kejaksaan sulit melanjutkan kasus dugaan pencatutan nama Presiden Joko Widodo dalam perpanjangan kontrak Freeport atau yang dikenal dengan istilah kasus Papa Minta Saham. Kasus tersebut diduga melibatkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto.

Prasetyo mengatakan kejaksaan sulit mencari alat bukti untuk kasus tersebut. Sebab, Mahkamah Konstitusi telah menyatakan rekaman tidak bisa dijadikan barang bukti dalam persidangan.

Rekaman yang beredar di media sosial tersebut memuat percakapan lengkap mengenai saham Freeport. Percakapan tersebut diduga antara Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha M. Riza Chalid. Dalam percakapan yang ditengarai terjadi dalam pertemuan antara Setya, Riza, dan petinggi PT Freeport Indonesia itu, sejumlah nama pejabat dan tokoh disebut-sebut. Rekaman tersebut merupakan alat bukti satu-satunya.

"Kan sudah ada putusan MK juga beberapa hal yang rencana kami jadikan alat bukti, ternyata oleh MK dinyatakan masih menjadi perdebatan. Setelah jadi putusan MK, kami enggak bisa apa-apa," ujar Prasetyo di Kejaksaan Agung pada Jumat, 27 Oktober 2017.

Ia mengeluhkan saat ini pihaknya tidak bisa melanjutkan kasus tersebut. "Rekaman kan tidak bisa dinyatakan sebagai alat bukti oleh MK. Ya, mau apa lagi?" katanya.

Dalam percakapan tersebut, orang yang diduga Setya Novanto ketahuan meminta jatah saham Freeport dengan mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kasus inilah yang ditangani Kejaksaan Agung. Korps Adhyaksa mensinyalir ada dugaan permufakatan jahat untuk tindak pidana korupsi terkait dengan lobi perpanjangan kontrak karya PT Freeport.

Kejaksaan Agung sempat menjadikan rekaman itu sebagai bahan penyelidikan. Namun Setya Novanto mengajukan uji materi atas Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik bahwa hasil penyadapan oleh perorangan tidak bisa digunakan sebagai bahan penyidikan karena melanggar hak asasi.

(Ibnu/Tempo.co)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Jaksa Agung Mengaku Sulit Lanjutkan Kasus Papa Minta Saham
Jaksa Agung Mengaku Sulit Lanjutkan Kasus Papa Minta Saham
Jaksa Agung M. Prasetyo.
https://1.bp.blogspot.com/-0F2W1EKrtLE/WfN5hlVGZrI/AAAAAAAAyOA/Af1_lRtFP94jhl3IEi-FO5r09T2GAHQ0gCLcBGAs/s640/Jaksa%2BAgung.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-0F2W1EKrtLE/WfN5hlVGZrI/AAAAAAAAyOA/Af1_lRtFP94jhl3IEi-FO5r09T2GAHQ0gCLcBGAs/s72-c/Jaksa%2BAgung.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/jaksa-agung-mengaku-sulit-lanjutkan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/jaksa-agung-mengaku-sulit-lanjutkan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy