Politisi PDIP Sebut KPK Lemah Dukungan Politik dan Hanya Didukung oleh LSM dengan Pola Pencitraan

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP, Irjen Pol (Purn) Eddy Kusuma Wijaya.

Politisi PDIP Sebut KPK Lemah Dukungan Politik dan Hanya Didukung oleh LSM dengan Pola Pencitraan
BENTENGSUMBAR.COM - Pemberantasan korupsi di Indonesia tidak bisa ditanggulangi hanya oleh KPK sendiri tanpa koordinasi dengan instansi dan lembaga terkait lainya.

"Korupsi di Indonesia sudah sangat masif, terstruktur dan sudah sangat sistematis. Karena itu dalam pemberantasannya pun perlu cara-cara sistimatis, terstruktur dan komprehensif pula. KPK jangan sok hebat sendiri, jangan sok jago sendiri," tegas Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP, Irjen Pol (Purn) Eddy Kusuma Wijaya, Selasa, 10 Oktober 2017.

Menurut dia, sebagai lembaga negara, tugas KPK sebagai trigger mechanism terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia. Namun saat ini Eddy menambahkan, sebetulnya KPK sudah lemah dalam dukungan politik dan hanya didukung oleh LSM dengan pola pencitraan.

Karena itu, dia mengingatkan KPK perlu introspeksi dan membuka diri untuk dikoreksi.

"Tujuannya untuk perbaikan sistem dan kinerja pemberantasan korupsi ke depan memahami hukum dan di dalam penegakan hukum kinerjanya harus sesuai koridor hukum yang berlaku serta menghormati HAM," ujarnya.

Sebab bagaimana pun kata dia lagi, KPK perlu diperkuat dengan mendorong bekerjasama dengan instansi dan lembaga lembaga negara terkait lainnya.

"KPK  harus berkoordinasi dan mensupervisi Polri dan Kejaksaan Agung. Dalam sistem operasional penegakan hukum, perlu dukungan Polri, Jaksa Agung, termasuk dengan BPK untuk mengaudit kerugian negara," kata Eddy.

Selain itu juga bekerjasama PPATK, TPPU dan  LPSK. Tidak kalah penting ujarnya, KPK bekerjasama dengan Menkumham untuk mengamankan barang-barang sitaan, termasuk kerjasama dengan imigrasi guna pencekalan tersangka. Begitu juga dengan pengadilan, KPK perlu kerjasama untuk izin penyadapan dan penyitaan.

"Dan yang lebih penting lagi ada dukungan secara politis oleh DPR dan pemerintah dalam hal penguatan melalui UU," tambah Legislator Dapil Banten ini.

Jika hal ini sudah terhimpun dengan baik menjadi suatu kekuatan dalam pemberantasan korupsi, Eddy optimis KPK akan sangat kuat. Tidak ada suatu kekuatan pun yang akan bisa melemah kan KPK dalam  memberantas korupsi. 

"Kita berantas kasus mega korupsi, setiap permasalahan agar dibicarakan oleh KP  dengan pemerintah dan DPR dan secara politis membantu presiden sebagai kepala negara di dalam sistem penegakan hukum guna  menegakkan negara ini," demikian Eddy yang juga anggota ansus Angket KPK.

(by/rmol)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Politisi PDIP Sebut KPK Lemah Dukungan Politik dan Hanya Didukung oleh LSM dengan Pola Pencitraan
Politisi PDIP Sebut KPK Lemah Dukungan Politik dan Hanya Didukung oleh LSM dengan Pola Pencitraan
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP, Irjen Pol (Purn) Eddy Kusuma Wijaya.
https://3.bp.blogspot.com/-eTUHg-3KueA/Wdxh9CCUQDI/AAAAAAAAwzg/KHzyL0H6PBsAMb2GCbHQn_kh2z-Zr9rgwCLcBGAs/s640/Eddy%2BKusuma%2BWijaya.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-eTUHg-3KueA/Wdxh9CCUQDI/AAAAAAAAwzg/KHzyL0H6PBsAMb2GCbHQn_kh2z-Zr9rgwCLcBGAs/s72-c/Eddy%2BKusuma%2BWijaya.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/politisi-pdip-sebut-kpk-lemah-dukungan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/10/politisi-pdip-sebut-kpk-lemah-dukungan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy