Wagub Resmikan Monumen Taman Sari Pahlawan Nasional Asal Minangkabau

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit memberikan kata sambutan saat peresmian.

Wagub Resmikan Monumen Taman Sari Pahlawan Nasional Asal Minangkabau
BENTENGSUMBAR. COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan akan meminta Bupati dan Walikota se-Sumbar untuk membangun Monumen Taman Sari Pahlawan Nasional asal daerah masing-masing mengikuti langkah Yayasan Syarikat Oesaha (YSO) Adabiah Padang bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang mendirikan monumen yang sama dan ditempatkan di Museum Adityawarman.

"Kami akan minta Bupati/Wako untuk bisa membangun monumen yang sama," ujarnya saat memberikan sambutan pada acara Peresmian Monumen Taman Sari Pahlawan Nasional Asal Minangkabau yang diselenggarakan di halaman Museum Adityawarman, Jumat, 10 November 2017 pagi.

Ia mengatakan, monumen yang baru saja ia resmikan dapat menjadi pengingat bagi masyarakat dan generasi muda Sumbar tentang perjuangan pahlawan-pahlawan asal Sumbar dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Semoga monumen ini menjadi pengingat agar generasi muida kita tidak melupakan perjuangan pejuang-pejuang kita," pungkasnya.

Sebelumnya, di kesempatan yang sama, Ketua Pembina YSO Adabiah Padang Awaloedin Djamin mengutarakan harapannya ke Wakil Gubernur Nasrul Abit agar pemerintah kabupaten dan kota di Sumatera Barat dapat membangun hal yang sama di daerahnya masing-masing.

Harapan ini muncul karena ia mendapati generasi muda Sumbar tidak mengetahui pahlawan dari daerahnya sendiri. 

"Saya kaget anak-anak kita tidak tahu pahlawan-pahlawan dari negerinya sendiri," ujarnya.

Menurutnya, dengan dibangunnya monumen yang sama di tiap kabupaten/kota di Sumbar, ketidaktahuan akan pahlawan asal daerah sendiri ini dapat dikurangi. 

Ia menambahkan, pembangunan monumen  yang sama akan mampu mengobarkan semangat perjuangan pemuda dan mendorong pemuda untuk menjadi lebih baik dari, atau paling tidak, menyamai capaian pahlawan-pahlawan daerahnya.

"Jadi ada patokan bagi generasi muda bahwa saya akan menjadi lebih baik dari tokoh-tokoh yang ada di sini (Monumen Taman Sari)," harapnya.

Monumen Taman Sari Pahlawan Nasional asal Minangkabau yang ditempatkan di halaman Museum Adityawarman ini dirancang dengan dasar semen konstruksi panel berupa rumah adat Minangkabau dengan ukuran tinggi 3 meter dan lebar 7,5 meter. Panel utama dengan ukuran lebar 6,5 meter, ditambah ke samping kiri dan kanan masing-masing 1 meter. Panel dirancang terbuka dan dapat dikembangkan ke kiri maupun kanan untuk menampung figur pahlawan berikutnya.

Panel utama berisi figur dalam bentuk relief potret 15 pahlawan, yakni, Abdul Halim, Ilyas Yakoub, Rasuna Said, Tuanku Imam Bonjol, Mohammad Natsir, Bagindo Azis Chan, Adnan Kapau Gani, Hamka, Tan Malaka, Mohammad Hatta, Mohammad Yamin, Sutan Syahrir, dan Hazairin.

Panel dilengkapi dengan logo dan prasasti pemrakarsa yakni YSO Adabiah dan pemprov Sumbar. Desain dan pengerjaan relief sendiri dilakukan oleh perupa asal Sumbar Am Dt. Garang bersama Ramizal.

(zardi)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Wagub Resmikan Monumen Taman Sari Pahlawan Nasional Asal Minangkabau
Wagub Resmikan Monumen Taman Sari Pahlawan Nasional Asal Minangkabau
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit memberikan kata sambutan saat peresmian.
https://1.bp.blogspot.com/-FeQIlV1So24/Wga4c4YQ6DI/AAAAAAAAJPA/VHdpMF-2PJ8FSLclUA9F-X49BO2X_9I2wCLcBGAs/s640/DSC_4309.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-FeQIlV1So24/Wga4c4YQ6DI/AAAAAAAAJPA/VHdpMF-2PJ8FSLclUA9F-X49BO2X_9I2wCLcBGAs/s72-c/DSC_4309.JPG
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/wagub-resmikan-monumen-taman-sari.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/wagub-resmikan-monumen-taman-sari.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy