Wagub Tekankan Pentingnya Kebhinekaan dan Toleransi sebagai Kekuatan Bangsa

Wagub Nasrul Abit ketika memberikan kata sambutan pada kegiatan tersebut.

BENTENGSUMBAR. CON - Kebhinekaan dan toleransi merupakan modal kekuatan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang dicetuskan dalam Sumpah Pemuda tahun 1928. Dengan kekuatan itu Indonesia bersatu dan merdeka hingga saat ini.  

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Nasrul Abit ketika memberikan sambutan pada acara Seminar Nasional Kebhinekaan dan Toleransi Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Budayaan Republik Indonesia, di Pangeran City, Jum'at, 24 November 2017. 

Hadir dalam kesempatan itu Kadis Kebudayaan  Prov.  Sumbar,  Taufik Effendi,  Ketua DPW Muhammaditah Syofwan Karim,  Ketua Pemuda Muhammadiyah dan Utusan Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan RI.  

"Kebhinekaan merupakan keberagaman kita dalam masyarakat Indonesia,  berbeda etnis,  suku,  agama dan budaya yang bejejer dari Sabang sampai Merauke," ungkapnya.  

Komitmen Sumpah Pemuda tahun 1928, sebagai kekuatan moril sebagai bangsa yang satu,  yang diikuti oleh Yong Sumatera,  Yong Jawa,  Yong Selebes, Yong Ambon dan lain sebagainya yang menyatakan satu sikap dalam kebersatuan bangsa Indonesia, jelasnya.  

Dikatakannya, jika ada yang masih mempertanyakan ini sesuatu yang mengingkari semangat bangsa yang telah ditetapkan para pendahulu " berbeda beda tapi tetap satu ".

"Kita memiliki 17.504 pulau,  1.340 suku dan 742 bahasa daerah, yang merupakan kebanggaan rakyat Indonesia yang merdeka dan bersatu padu dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Nasrul Abit. 

Nasrul Abit juga menyampaikan semangat teloransi merupakan bahagian dari membangun rasa saling hormat menghormati,  saling menghargai dan saling mengerti satu sama lain dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara.  

"Namun dalam keimanan dan kepercayaan kita mesti teguh dalam keyakinan diri,  Islam merupakan agama yang menyantuni semua orang." cakapnya.  

"Jalankan ibadah sesuai ajaran Islam sepenuh hati,  menjalankan ajaran agama merupakan hak azasi manusia.  Taat dengan Al Qur'an,  perintah Allah mesti kita perlihatkan dengan kepribadian Islam yang kokoh,  dengan prinsip-prinsip  yang benar," lanjutnya. 

Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat jangan jadi teroris, tegas Nasrul Abit, namun mesti berpikir dengan akal sehat dan jernih, tidak melakukan hal sembrono meninggal dalam perjuangan yang tidak jelas.  

Hidup bertoleransi suatu keharusan dalam negara Indonesia,  tetapi tidak dalam kapasitas mencaci-maki dan merendahkan keyakinan orang lain. Toleransi dipakai dalam menjaga kebersatuan rakyat Indonesia,   akan tetapi tidak dalam pelaksanaan ibadah dan keyakinan tetap dalam ajaran masing-masing yang saling dijaga bersama, ujarnya. 

Sebagai umat beragama yang taat,  pemuda Muhammadiyah mesti yang pertama dalam menjaga kebhinekaan dan toleransi hidup berbangsa dan bernegara,  harap Nasrul Abit Dt.  Malintang Panai.

(zardi)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Wagub Tekankan Pentingnya Kebhinekaan dan Toleransi sebagai Kekuatan Bangsa
Wagub Tekankan Pentingnya Kebhinekaan dan Toleransi sebagai Kekuatan Bangsa
Wagub Nasrul Abit ketika memberikan kata sambutan pada kegiatan tersebut.
https://4.bp.blogspot.com/-4dvOKX9W1kc/WhhHSLMFpoI/AAAAAAAAyeg/bG3ygxPd7m8qFgFO__hfOIdxjLHZgLw3QCK4BGAYYCw/s640/IMG-20171124-WA0094-751168.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-4dvOKX9W1kc/WhhHSLMFpoI/AAAAAAAAyeg/bG3ygxPd7m8qFgFO__hfOIdxjLHZgLw3QCK4BGAYYCw/s72-c/IMG-20171124-WA0094-751168.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/wagub-tekankan-pentingnya-kebhinekaan.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/wagub-tekankan-pentingnya-kebhinekaan.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy