Istri PM Malaysia Resmi Dipanggil YAB Datin Seri Paduka Puan Gadih Puti Hj. Rosma Mansor

Prosesi palewaan gelar sangsako adat.  
BentengSumbar.com --- Ranah Minang baralek gadang. Betapa tidak, anak rantau yang selama ini 'larek' di negeri jiran, kini kembali ke kampung halamannya merajut tali kekerabatan dan silaturahmi. Adalah Yang Amat Berbahagia (YAB) Paduka Dantin Seri Hajjah Rosma Mansor, istri dari Perdana Menteri Malaysia, yang merupakan 'gadih' Minang keturunan Sari Lamak Kabupaten 50 Kota.

Bangga dan haru, itulah yang dirasakan YAB Paduka Dantin Seri Hajjah Rosma Mansor. Betapa tidak, kunjungannya ke kampung halaman, tidak hanya sekedar menghadiri acara Islamik Fashion Festival (IFF) ke-8, namun juga menerima penganugerahan gelar dari kaum kerabat dan ahli waris Tuanku Sutan Sari Maharajo Basa Marah Oejoeb, raja (regent) Padang dari Suku Chaniago Sumagek Rumah Gadang Atok Ijuak Alang Laweh, Kota Padang.

Prosesi penganugerahan gelar dilaksanakan di Istana/Museum Adityawarman Padang, Rabu pagi (27/8), yang dihadiri oleh Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Menteri Perdagangan Dalam Negeri Malaysia, dan Menteri Kebudayaan Malaysia. Dipihak Indonesia, hadir Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Datuk Rajo Bandaro Basa, SM Taufik Thaib Sutan Mudo Mahkota Alam dari Istano Pagaryung, Zainuddin Datuk Rajo Lenggang dari Ketua LKAAM Kota Padang, dan Ninik Mamak Bajinih Adat KAN Padang Salapan Suku.


Puti Dragasari Rangkuty dan YAB Datin Seri Paduka Puan Gadih Puti Hj. Rosma Mansor. 
Puti Dragasari Rangkuty, Ketua Panitia Penganugerahan Gelar Sangsako Adat tersebut mengatakan, kunjungan YAB Paduka Datin Seri Hj Rosma Mansor, istri YAB Perdana Menteri Malaysia Datuk Tan Sari Najib Razak pada tanggal 25-27 Agustus 2014 antara lain bertujuan mempererat hubungan kekerabatan antara keturunan Minangkabau dan Indonesia dengan Malaysia.

Sebagai penghormatan dari kaum Tuanku Sutan Sari Maharajo Basa Marah Oejoeb, raja (regent) Padang dari Suku Chaniago Sumagek Rumah Gadang Atok Ijuak Alang Laweh dan Pewaris Istana Pagaruyung, bersama-sama melewakan Penerimaan Gelar sebagai Kerabat Kaum dan Pemberian Gelar Kebangsawanan kepada beliau di Istana Adityawarman pada tanggal 27 Agustus 2014.

Kepada Yang Amat Berbahagia Paduka Datin Seri Hj. Rosma Mansor, kaum keturunan Tuanku Sutan Sari Maharajo Basa Marah Oejoeb raja (regent) Padang dari Suku Chaniago Sumagek Rumah Gadang Atok Ijuak Alang Laweh melalui Penghulu Pucuak Sutan H dr Rizal Sini, SpOG Gelar Sutan Sari Maharajo Basa menerima sebagai kerabat dan menganugerahkan derjah "Puti", sehingga kepada beliau akan dipanggilkan YAB Paduka Datin Seri Puti Hj. Rosma Mansor, ujar Puti Dragasari Rangkuty.

Sementara itu, diphak Pewaris Istana Pagaruyung H Sutan Moh Taufik Thaib Gelar Tuanku Mudo Mahkota Alam akan menganugerahkan Derjah Kebesaran Kerabat Yang Dipertuan Gadih Pagaruyung kepada YAB Paduka Datin Seri Hj. Rosma Mansor. Dengan dianugerahkan Derjah Kebesaran Kerabat tersebut maka untuk selanjutnya YAB Paduka Datin Seri Hj. Rosma Mansor akan dipanggil dengan sebutan YAB Datin Seri Paduka Puan Gadih Puti Hj. Rosma Mansor. (BY)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »