Alex Indra Lukman Kembali Pimpin PDIP Sumbar

Alex Indra Lukman Kembali Pimpin PDIP Sumbar
BentengSumbar.com --- Alex Indra Lukman kembali terpilih sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat  pada Konferda ke-4, Rabu (11/3). Filosofi musyawarah-mufakat yang jadi nilai-nilai luhur masyarakat Minangkabau melalui peran tungku tigo sajarangan itu, diaplikasikan partai nasionalis ini tanpa gejolak berarti.

“Tak semua pemilihan harus diselesaikan secara voting-votingan. PDI Perjuangan Sumatera Barat membuktikan, memilih pengurus partai itu bisa dilaksanakan dengan bermusyawarah. Ini budaya dan tradisi berpolitik yang akan terus diperjuangkan dalam memilih pemimpin internal partai,” terang Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar, Alex Indra Lukman, usai konferda.

Konferda yang dihadiri Wakil Gubernur Sumbar, H Muslim Kasim dan Politisi PDIP, Muarara Sirait ini, dihadiri lebih dari 1.000 kader, dimana 700 orang di antaranya merupakan pemilik suara. Sementara, calon ketua cabang yang diusulkan dari 19 kabupaten/kota di Sumbar itu, sebanyak 95 orang. Figur calon ketua ini, dihasilkan melalui musyawarah anak cabang yang merekomendasikan sejumlah nama yang akan dipilih jadi ketua cabang (tingkat kabupaten/kota).

Ujian itu, terang Alex, terdiri dari uji kompetensi yang terdiri dari pemahamahan terhadap ideologi, tentang kepartaian serta penyampaian visi-misi saat jadi ketua nanti. Kemudian, mengikuti psikotest, guna mengidentifikasi jiwa kepemimpinan terhadap figur calon ketua itu.

“Nama-nama yang telah mengikuti serangkaian ujian secara terpusat di Padang ini lah, kemudian dikerucutkan jadi tiga nama, yang kemudian dipilih secara musyawarah mufakat pada muscab kemarin. Tiga nama itu dipastikan akan jadi pengurus, namun tidak mesti jadi KSB (ketua, sekretaris, bendahara),” ungkap anggota DPR RI dapil Sumbar I itu. (rel)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »