Yudi Indra: Persimpangan di Kota Padang Dipasang ATCS

Yudi Indra: Persimpangan di Kota Padang Dipasang ATCS
BentengSumbar.com --- Area Traffic Control System atau yang lebih dikenal dengan istilah ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.

Sekretaris Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Padang, Yudi Indra, Selasa sore (10/3/2015) mengatakan, melalui ATCS seluruh area persimpangan di Kota Padang dapat dipantau melalui CCTV dan dikendalikan melalui system control. Dengan ATCS tersebut dapat dipantau kemacetan, adanya pelanggaran, kecelakaan, jambret, dan sebagainya dapat dipantau melalui CCTV.

Tak hanya itu, kata Yudi, masyarakat pun dapat memantau dan mengetahui kondisi persimpangan jalan yang ada di Kota Padang melalui CCTV tersebut, terutama pada titik persimpangan pada ruas jalan utama. Alat ini sudah dipasang di beberapa titik persimpangan lampu merah di Kota Padang.

Menurut Yudi, pada tahun 2013 CCTV di persimpangan lampu merah sudah terpasang sebanyak 5 titik, pada tahun 2014 sebanyak 7 titik, dan pada tahun 2015 ini dikerjakan sebanyak 9 titik. Jadi, pada akhir 2015 akan terpasang sebanyak 21 titik di Kota Padang.

"Anggarannya berasal dari APBN, kita hanya menyediakan dana pendamping. Untuk 4 titik dari APBN, kita menyediakan 1 titik di APBD Kota Padang. Untuk 1 titik menelan dana sekitar Rp500 juta," ungkapnya. (by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »