HUT RI ke-71, IPPKS Bangkitkan Semangat "The Tiger Of Kuranji"

HUT RI ke-71, IPPKS Bangkitkan Semangat "The Tiger Of Kuranji"
Tim Penilai dari FKAN Pauh IX. 
BENTENGSUMBAR.COM - Kecamatan Kuranji Kenagarian Pauh IX Kota Padang dikenal sebagai daerah basis perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan, "The Tiger of Kuranji" merupakan salah satu pasukan perlawanan rakyat yang paling ditakuti Belanda dan Sekutu.

Guna menggelorakan semangat "The Tiger of Kuranji" tersebut, guna membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme, Ikatan Pemuda Pemuda Kuranji Sekitarnya (IPPKS) menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulatang Tahun Republi Indonesia (HUT RI) ke-71 tahun 2016.

"Kami melaksanakan lomba kibar bendera merah putih antar Rukun Tetangga (RT), pertandingan sepak bola wanita pakai kain sarung, lomba makan kerupuk untuk anak- anak, panjat pinang dan beragam kegiatan lainnya. Acara dipusatkan di di RW.01 Kelurahan Kuranji. Untuk penilaian kibar bendera, kami melibatkan Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji sebagai tim penilai," terang Syahrul Fadhli, Sekretaris Panitia HUT RI ke-71 PPKS.

Ia mengatakan, lomba kibar bendera ini sudah dilaksanakan selama dua tahun belakangan ini. Tujuannya untuk dapat meningkatkan rasa dan jiwa nasionalisme generasi muda. Apatah lagi, Kuranji merupakan daerah basis perjuangan.

"Untuk kibar bendera, kategori penilaiannya adalah semaraknya bendera yang terkibar di RT yang ada dikawasan RW.01 ini, ada 7 RT yang kami nilai," cakapnya.

Ketua Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji Evi Yandri Rajo Budiman mengatakan, program yang dilakukan oleh para pemuda Kuranji ini cukup bagus, karena inilah yang dapat dilakukan untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada para masyarakat. Menurutnya, dengan dibuatnya program lomba kibar bendera ini, masyarkat sekitar pastinya akan terpacu dalam mengibarkan bendera di RT mereka masing-masing.

"Ya, ini adalah program yang bagus sekali. Kita berharap dengan adanya program ini, jiwa Nasionalisme kepada masyarakat yang ada didaerah yang menjadi basis pejuangan ini dapat lebih meningkat, dan mereka  termotivasi setiap tahunnya mengibarkan bendera dirumah mereka masing-masing," ujarnya.

Dikatakannya, dengan berkurangnya rasa nasionalisme di kalangan masyarakat saat ini, maka peran pemuda sangatlah penting untuk menumbuhkannya kembali. Caranya melalui beragam kegiatan yang bisa membangkitkan semangat juang dan nasionalisme tersebut.

"Seperti yang kita adakan beberapa hari kemaren, kita melaksanakan jalan santai menelusuri jalan-jalan yang pernah ditempuh pejuang ketika merebut dan mempertahankan kemerdekaan negeri ini. Lomba kibar bendera ini juga termasuk cara membangkitkan patriotisme dan nasionalisme itu, termasuk sosialisasi tentang perjuangan para pahlawan Harimau Kuranji perlu kita adakan," tegasnya.

Ia berharap, pemuda Kuranji terus memompa semangat patriotisme dan nasionalisme tersebut dalam mengisi kemerdekaan ini. Sebab, cara-cara yang demikian merupakan salah satu bentuk menghargai jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan negeri.

Tim penilai dari FKAN Kuranji langsung dipimpin oleh Evi Yandri Rajo Budiman, Kiyai Hendri Yazid selaku Sekretaris, Zamri Yahya selaku Wakil Ketua, Ali Luthan selaku Paga Nagari, dan Indra Mairizal selaku Koordinator Bidang Humas dan Kelembagaan FKAN Pauh IX. (by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »