Buka HPS ke-36, Gubernur Irwan: Kita Minimalisasi Konsumsi Beras

Buka HPS ke-36, Gubernur Irwan: Kita Minimalisasi Konsumsi Beras
Gubernur Memberikan Arahan Pada HPS ke-36 di Kota Solok. 
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Provinsi Sumatera Barat H Irwan Prayitno membuka secara resmi acara Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2016, bertempat di Terminal Bareh Solok, Kota Solok, Kamis, 13 Oktober 2016. Peringatan HPS ini bertemakan 'Membangun Kedaulatan Pangan di Era Perubahan Iklim' di Kabupaten/Kota se-Sumbar.

Ia mengatakan, Sumbar sebagai salah satu daerah yang sudah swasembada beras, juga salah satu dari 12 (dua belas) daerah penyangga pangan nasional, ketahanan pangan harus tetap menjadi program utama pemerintah daerah di Sumbar. Semua kepala daerah di Sumbar, dengan demikian, tanpa terkecuali bertanggungjawab terhadap ketahanan pangan. Tidak boleh ada satu kepala daerah pun yang mengatakan ketahanan pangan bukan tanggungjawab mereka.

Ia mengatakan, sebagai program utama, masih terdapat beberapa tugas yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, antara lain, mendorong dan mensosialisasikan diversifikasi pangan agar masyarakat mau memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsinya sehingga tidak terfokus pada nasi.

"Selain untuk memastikan ketahanan pangan, ini akan membantu Sumbar menjaga swasembada berasnya. Kita minimalisasi konsumsi beras sehingga total konsumsi tidak melebihi angka produksi beras kita. Sehingga ketersediaan beras Sumatera Barat tetap terjaga. Gerakan diversifikasi ini bisa kita mulai di lingkungan pemerintah dulu. Kenyang tak harus dengan nasi," ujar gubernur yang juga putra Pauh IX Kecamatan Kuranji, Kota Padang ini.

Selanjutnya, jelas Gubernur Irwan, meningkatkan produksi pangan melalui pendekatan ekstensifikasi lahan pertanian bagi daerah yang memiliki banyak lahan kosong dan tidak terpakai dan intensifikasi untuk meningkatkan kualitas produksi bagi daerah yang terbatas lahan pertaniannya. Pemerintah Provinsi mendukung dan akan memfasilitasi sepenuhnya program pencetakan lahan sawah baru (ekstensifikasi) dan mengedukasi para perani dalam penggunaan pupuk organik. (by/rel)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »