Presiden Dianugerahi Gelar "Upu Kaletia Kenalean Dantul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku", Wanita Ini Malah Bikin Marah Netizen

Presiden Dianugerahi Gelar "Upu Kaletia Kenalean Dantul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku", Wanita Ini Malah Bikin Marah Netizen
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat anugerah gelar Upu Kaletia Kenalean Dantul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku, yang artinya Bapak Pemimpin Besar yang Peduli Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat Adat Maluku dari Majelis Latupati Maluku.

Presiden Dianugerahi Gelar "Upu Kaletia Kenalean Dantul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku", Wanita Ini Malah Bikin Marah Netizen
Screenshot Postingan yang Menghina Presiden dan Pakaian Adat Maluku.

Penganugerahan gelar berdasarkan Keputusan Majelis Latupati Maluku Nomor 01/SK/MLM/II/2017 itu disampaikan  oleh Ketua Majelis Latupati Maluku Bonifaxius Silooy, di Ambon, Maluku, Jumat, 24 Februari 2017 pagi. Penganugerahan didahului dengan pasawari adat,  pemasangan jubah kebesaran, kain ikat pinggang, mahkota kebesaran, dan pemberian tongkat komando adat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku merasa sangat terhormat sekali dan mengucapkan terima kasih atas penganugerahan gelar adat kehormatan Maluku kepada dirinya.

Presiden mengaku memahami, bahwa gelar untuk dirinya disertai dengan tanggung jawab untuk memajukan Maluku dan mensejahterakan masyarakat dan rakyat Maluku.

“Panah gurita di ujung tanjong. Cari bia di ujung meti. Biar tapisah gunung deng tanjong. Orang Maluku selalu di hati Tabea!,” kata Presiden Jokowi.

Dengan menerima gelar adat ini, lanjut Presiden, dirinya menyadari menjadi bagian dari laboratorium perdamaian di Maluku. Daerah yang kearifan lokalnya berbasis persaudaraan, daerah yang kearifan lokalnya berbasis persaudaraan pela gandong, menggunakan falsafah siwalima yang menyatukan semua perbedaan kelompok menjadi kekuatan perekat yang abadi.

“Sejarah sudah menyaksikan bagaimana kearifan lokal Maluku dapat dengan cepat memulihkan keadaan pasca terjadinya konflik sosial pada waktu yang lalu,” ujar Presiden.

Karena itu, Presiden Jokowi berharap Musyawarah Besar Para Latupati se-Maluku hari ini akan dapat terus merawat kebhinnekaan, kemajemukan, yang ada di Maluku dan di negara kita.

“Mengikat keharmonisan yang ada dan membingkai perdamaian Maluku dalam semangat hidup orang bersaudara,” tutur Presiden.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. 

Hina Presiden Jokowi

Namun ironisnya, netizen dihebohkan dengan postingan instagram akun Facebook seorang wanita. Hal itu dikarenakan wanita itu dinggap telah menghina pakaian adat Maluku. Parahnya lagi, hal itu ia lakukan saat pakaian adat itu dikenakan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dalam foto tersebut, Jokowi tampak mengenakan jubah berwana putih berpadu warna merah, emas dan hitam. Jokowi juga kemudian mengenakan topi dan memegang tongkat di lengan kirinya. Di foto tersebut Jokowi tak sendiri, ia juga bersama dengan Kapolri dan Panglima TNI.

Postingan wanita itu disebut-sebut melukai hati warga Maluku. Ini yang ia katakan di postingannya:

"Maaf mau tanya ini...!!!
Ini raja kodok pake baju ada daerah mana ya...???
Apa doi ingin bersaing dengan King Salman ya..???
Sampai segitu nya dalam mencari kostum
Hanya ingin bersaing dengan King Salman..!!!
(emoticon tertawa sambil nangis)".

Postingan wanita itu kemudian dicapture dan diunggah oleh akun Instagram @lambe_turah. Akun itu juga menjelaskan kalau pakaian adat yang dikenakan Jokowi adalah pakaian adat Maluku.

"(#CurhatDM beberapa orang Maluku)
DEAR IBU INDRIASANTIKA KURNIASARI yang TERHORMAT
Baju yang dipakai pak Jokowi adalah baju adat raja2 di tanah Maluku.
Pak Jokowi datang untuk dinobatkan sebagai bagian dari masyarakat Maluku.
Kalau ibu nggak tau Maluku itu Indonesia bagian mana ibu buka aja peta yesss".

Bahkan akun lambe_turah juga menyebutkan kalau baju adat itu kerap dipakai oleh raja-raja di Maluku. Kemudian dijelaskan pula kalau Jokowi juga mendapat anugerah di sana.

"Presiden Joko Widodo mendapat anugerah gelar "Upu Kaletia Kenalean Dantul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku" yang artinya Bapak Pemimpin Besar yang Peduli Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat Adat Maluku dari Majelis Latupati Maluku.

Penganugerahan gelar berdasarkan Keputusan Majelis Latupati Maluku Nomor 01/SK/MLM/II/2017 itu disampaikan oleh Ketua Majelis Latupati Maluku Bonifaxius Silooy, di Ambon, Maluku, Jumat (24/2) pagi.

Penganugerahan didahului dengan pasawari adat berupa pemasangan jubah kebesaran, kain ikat pinggang, mahkota kebesaran, dan pemberian tongkat komando adat."

Melihat postingan wanita tersebut, netizen pun marah. Hingga kini, wanita itu jadi bahan bully-an netter. Netizen juga menilai kalau dia telah menghina presiden.

Ini beberapa komentar pedas untuknya:

yuli_fibe89: Bu.... Ini presiden bu.... Klw tdk suka lebih baik tdk berkomentar

arnelia.wi: Ckckck... main pos aja sih ya si ibu tanpa tau itu lagi ada acara ap

kristian22fw: itu mamak siapa tolong dulu mulutnya disekolahkan

widiayohana: menghina president tapi sayangnya mempermalukan diri sendiri

stepha.h: Doh ga pernah belajar dia ya ? Balik lagi sana ke smp

denish_ayanda: Ijin share, buat nunjukin adek2 yang malas sekolah nanti jadinya kek gini

(setkab/tribunnews)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »