Camat Arfian Kukuhkan Forum Anak Padang Barat

Camat Arfian Kukuhkan Forum Anak Padang Barat
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Padang berkomitmen menjadikan kota ini layak anak. Komitmen itu diwujudkan melalui pembinaan dan sosialisasi serta membentuk Forum Anak di seluruh kecamatan.

"Melalui pembentukan Forum Anak Kecamatan Padang Barat adalah salah satu upaya mendukung komitmen mewujudkan Padang sebagai kota layak anak," kata Camat Padang Barat Arfian usai mengukuhkan Forum Anak sekaligus membuka sosialisasi tentang hak dan kewajiban anak di aula kantor camat setempat, Sabtu, 25 Maret 2017.

Menurut Arfian, forum anak juga bagian dari upaya melindungi hak dan kewajiban anak serta menjadi sarana anak-anak untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

"Forum anak ini juga jadi sarana anak-anak untuk berpartisipasi dalam pembangunan," ulasnya.

Camat terbaik Sumatera Barat ini menambahkan, Walikota Padang juga berwacana mencanangkan 'golden time'. Dimana keluarga berkumpul selepas maghrib, mematikan televisi dan menjauhi 'gadged' serta hal mengalihkan perhatian lainnya.

"Ini dimaksudkan agar para orang tua memprioritaskan waktu bersama anak-anak selepas maghrib sampai waktu isya, " imbuhnya.

Ia berharap, anak-anak yang tergabung dalam forum agar aktif menyebarkan virus positif kepada anak-anak lainnya. Ini akan menjauhkan perilaku negatif seperti tawuran pelajar, memakai obat terlarang dan hal-hal buruk lainnya.

Sementara itu, pemerhati anak, Musdek, selaku nara sumber pada kesempatan ini mengatakan, melalui forum anak ini memantau pemenuhan hak dan pelaksanaan kewajiban anak, sosialisasi hak dan kewajiban anak di lingkungan teman sebaya, serta menyuarakan pandangan, suara, dan aspirasi anak.

Selanjutnya Musdek memaparkan, melalui forum anak melibatkan diri dalam proses pengambilan keputusan atau kebijakan di pemerintahan.

"Forum yang dibina pemerintah ini akan mendorong anak-anak aktif untuk mengembangkan potensi serta minat bakat mereka," tutupnya. (rel)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »