PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Dede Yusuf Ingatkan Agar Isu SARA Jangan Sampai Dibawa ke Pilgub Jabar

Politisi Partai Demokrat Dede Yusuf.

Dede Yusuf Ingatkan Agar Isu SARA Jangan Sampai Dibawa ke Pilgub Jabar
BENTENGSUMBAR.COM - Politisi Partai Demokrat Dede Yusuf mengingatkan, isu SARA di Pilgub Jakarta jangan sampai terbawa ke Pilgub Jawa Barat (Jabar). Sebab, isu SARA sangat sensitif dan bisa memecah belah bangsa.

"Jangan sampai isu SARA dibawa ke Pilgub Jabar. Itu sangat sensitif ya," ujar Dede Yusuf di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 27 April 2017.

Menurut Ketua Komisi IX DPR itu, kemajemukan di Jakarta sangat berbeda dengan Jawa Barat. Di Jakarta, kata dia, kemajemukannya sangat tinggi sehingga isu SARA relatif masih bisa diredam.

"Di Jabar kemajemukan tidak begitu tinggi. Makanya saya ingatkan jangan bawa isu itu ke Jabar," tegas mantan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat ini.

Ia berharap calon gubernur dan wakil gubernur membawa program dan gagasan untuk membangun Jabar. Menurutnya, isu SARA disudahi dan cukup hanya terjadi di Jakarta saja pada Pilgub 2017.

Sementara itu, menurut Konsultan Politik, Eep Saefullah Fatah,  isu Suku Agama dan Ras (SARA) di Jawa Barat tidak akan berkembang seperti di Jakarta.

“Politik di Jakarta memiliki instrumen tidak seperti di Jawa Barat,” ujarnya.

Jika pun ada, kata Eep, isu tersebut akan cepat padam, karena karakter masyarakat Jawa Barat tidak gampang terhasut.

“Siapapun yang menggunakan isu SARA tidak akan berkembang di Jawa Barat hasilnya akan nihil,” jelasnya di sela-sela acara Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) DPD I Golkar Jawa Barat, Rabu kemaren.

Eep juga melihat karena karakter wilayah Jabar yang sangat luas menyebabkan jaringan media sosial pun juga masih banyak tidak tersentuh oleh masyarakat.

“Dari kondisi geografis Jawa Barat yang berbeda dengan Jakarta, kondisi jumlah pemilih juga jauh lebih banyak Jabar,” tegasnya.

(buya/BeritaSatu/fajar)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *