PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Forum Warga Kota Minta Anies-Sandi Wujudkan Program Angkutan Rp 0

Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan.

Forum Warga Kota Minta Anies-Sandi Wujudkan Program Angkutan Rp 0
BENTENGSUMBAR.COM -  Ketua Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) Azas Tigor Nainggolan meminta kepada Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang memenangi Pilkada DKI Jakarta untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota bagi semua warganya, bukan hanya untuk kelas menengah tetapi juga untuk warga yang miskin. Dia pun meminta Anies-Sandi untuk membangun layanan angkutan umum massal yang terintegrasi dan gratis.

"Mengapa membangun angkutan umum massal Rp 0 terlebih dahulu daripada DP rumah Rp 0? Sangat sulit untuk mewujudkan program DP rumah Rp 0 karena itu tidak perlu juga," kata Azas dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 20 April 2017.

Menurut Azas, layanan angkutan umum massal dengan tarif Rp 0 lebih prioritas. Dia pun menilai bahwa program tersebut lebih rasional dan sangat mungkin diwujudkan.

"Karena biaya yang harus dikeluarkan sebagai subsidi tarif Rp 0 tidak akan menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta yang setiap tahunnya mencapai Rp 80 triliun," tuturnya.

Azas menghitung, jumlah biaya perjalanan angkutan umum massal seluruh warga Jakarta dalam setahun tidak sampai Rp 80 triliun. Namun, kerugian yang ditimbulkan dari kemacetan Jakarta akibat buruknya layanan angkutan umum massal sudah mencapai sekitar Rp 186 triliun per tahun.

"Tarif Rp 0 akan mendorong warga Jakarta lebih memilih menggunakan angkutan umum dan meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah," katanya.

Apabila warga Jakarta lebih memilih menggunakan angkutan umum, menurut Azas, kemacetan ibukota akan teratasi dan Jakarta akan mendapatkan keuntungan sekitar Rp 186 triliun dari biaya kerugian akibat kemacetan.

"Layanan angkutan umum massal yang baik akan memberikan dampak ganda bagi penyelesaian masalah lainnya, seperti kemacetan, kemiskinan akut, rendahnya produktivitas, kesehatan, dan pemborosan lainnya," ujarnya. (buya/tempo)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *