May Day

May Day
PADA dasarnya semua elemen masyarakat yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain atas pekerjaan nya disebut pekerja dan buruh.

Tanggal 01 Mei ditetapkan sebagai Hari Buruh Sedunia yang telah diperingati sejak tahun 1920.

Tetapi peringatan Hari Buruh ini selalu identik dengan menggelar aksi unjuk rasa turun ke jalan menyampaikan aspirasi atau pendapat didepan umum.

Ini merupakan suatu bukti belum tercapainya kesejahteraan para buruh dan keluarganya.

Mengacu pada Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan yang menimbang bahwa pembangunan nasional dilaksanakan dalam rangka pembangunan manusia seutuh nya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur merata baik materil maupun spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD Republik Indonesia 1945.

Dan dalam pelaksanaan pembangunan nasional tenaga kerja mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting, semua itu diperlukan pembangunan ketenaga kerjaan guna meningkatkan kualitas serta peningkatan perlindungan tenaga kerja dan keluarganya.

Perlindungan yang dimaksud adalah untuk menjamin hak-hak dasar para pekerja/buruh serta pelakuan tanpa diskriminasi atas dasar apapun guna mewujudkan kesejahteraan dengan tetap memperhatikan perkembangan kemajuan dunia usaha.

Dan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2000 pun mengatur tentang serika pekerja/buruh yang merupakan sarana berkumpul mengeluarkan pendapat  untuk memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan  , serta mempunyai kedudukan yang sama dimata hukum yang merupakan hak setiap warga negara.

Dan juga untuk memperjuangkan, melindungi dan membela kepentingan pekerja/buruh dan keluarganya, serta mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan. 

Seharusnya peringatan Hari Buruh Sedunia ini menjadi momentum refleksi yang berlangsung dalam suasana aman, tentram dan damai, yang tidak memicu kegaduhan apalagi kerusuhan.

Sebab ini hanya kegiatan rutinitas dan  seremonial dengan melakukan instrospeksi yang berlangsung secara dinamis dan produktif. Selamat Hari Buruh Sedunia Tahun 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »