PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

MenPAN-RB Asman Abnur Tegaskan, ASN Harus Profesional

Menteri PAN-RB Asman Abnur menginginkan setiap ASN bekerja profesional dan menjadi tulang punggung daerah.

MenPAN-RB Asman Abnur Tegaskan, ASN Harus Profesional
BENTENGSUMBAR.COM - Saat ini cukup banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja sesuai dengan tugas dan kewajiban saja. Tidak berinovasi. Karena itu, Menteri PAN-RB Asman Abnur menginginkan setiap ASN bekerja profesional dan menjadi tulang punggung daerah.

"Profesionalisme ASN harus ditingkatkan, karena kemajuan pemerintah daerah sangat tergantung pada profesionalisme ASN," ucapnya saat bertemu dengan Walikota Padang dan seluruh ASN di Balaikota Padang, Jumat, 28 April 2017.

Asman menilai, ASN yang ada saat ini masih didominasi oleh tenaga-tenaga administratif. Karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah optimalisasi melalui redistribusi, peningkatan kompetensi, prioritasi rekruitmen, dan pengkaderan.

Untuk membangun profesionalisme, kedisiplinan, dan pegawai yang berorientasi kinerja, maka perlu dikembangkan manajemen kinerja dalam sistem manajemen SDM ASN, terutama PNS.

"Dengan penerapan manajemen kinerja, maka setiap ASN harus memiliki kontribusi yang jelas terhadap keberhasilan atau kinerja unit kerja," tambah Menteri.

Untuk itu, Pemerintah Kota Padang diminta segera menerapkan sistem manajemen SDM yang memberikan penghargaan yang adil kepada ASN yang berkinerja, dan hukuman bagi mereka yang melakukan pelanggaran administratif, penyimpangan, dan perilaku negatif, sehingga merugikan negara.

Kemudian, Pemko Padang diminta menjalankan secara konsisten manajemen ASN dengan sistem Merit, yakni menjalankan proses rekruitmen, mutasi, dan promosi atau demosi dengan pertimbangan yang dapat dipertanggungjawabkan.

"Bukan kolusi, korupsi dan nepotisme," tegasnya.

Tantang ASN Kota Padang

Dari hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2016 yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Pemerintah Kota Padang berpredikat B. Menteri PANRB Asman Abnur optimis tahun 2017 ini bisa meraih nilai A.

"Apakah bapak dan ibu bisa?" tanya di Balaikota Padang.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan bahwa keseriusan dan komitmen pimpinan sangat diperlukan untuk mendorong percepatan implementasi reformasi birokrasi. Kepala Daerah diharapkan memberikan perhatian untuk terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil.

Menteri Asman mengharapkan Walikota Padang mewujudkan sasaran reformasi birokrasi di daerah yang dipimpinnya. Ada tiga sasaran reformasi birokrasi, yakni birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, dan birokrasi yang mampu memberikan pelayanan berkualitas.

Dijelaskan, ada beberapa perbaikan yang perlu dilakukan antara lain, mengingatkan kembali atas sumpah yang diucapkan pada saat pelantikan yang mengandung makna tanggung jawab yang mendalam.

"Diperlukan sikap kenegarawanan untuk menjalankan sumpah tersebut, integritas, dan sikap mengutamakan kepentingan masyarakat sebagai prioritas utama," imbuh Asman di depan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo dan unsur muspida.

Selain itu, pemerintah daerah harus mulai memfokuskan pembangunan agar selalu berorientasi hasil yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Segala sumber daya harus digunakan secara efektif dan efisien untuk kegiatan-kegiatan atau program-program yang memberikan dampak kebermanfaatan bagi masyarakat. Money follow program," tegas pria kelahiran Padang Pariaman, 2 Februari 1961 ini.

Lebih dari itu, Menteri mengingatkan agar Pemda menggunakan anggaran secara bijak, efektif, dan efisien, yang salah satunya dilakukan dengan menjaga agar anggaran belanja pegawai tidak lebih besar daripada belanja publik. (Charlie)

Iklan Alex Indra Lukman
Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *