PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Sejumlah Partai Nyatakan Dukung Jokowi di Pilpres 2019, Ini Kata Gerindra

Jajaran Pengurus DPP PSI Ketika Audensi Dengan Presiden Jokowi.

Sejumlah Partai Nyatakan Dukung Jokowi di Pilpres 2019, Ini Kata Gerindra
BENTENGSUMBAR.COM - Partai Gerindra tak begitu memperdulikan dukungan sejumlah partai politik yang sudah menyatakan dukungan ke Presiden Joko Widodo untuk maju pada Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Setelah Golkar, PKPI, dan Partai NasDem, yang terbaru adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang didirikan dan dipimpin langsung oleh Grace Natalie, mantan presenter berita terkenal di negeri ini. PSI merupakan partai yang cenderung mengambil target partisipan kalangan anak muda, perempuan dan lintas agama.

Dewan Pembina Partai Gerindra Martin Hutabarat menyatakan saat ini pihaknya masih fokus untuk menghadapi dan memenangkan Pilkada.

"Saya kira bukan masalah. Karena kita masih fokus ke Pilkada," ujarnya saat dihubungi, Jumat, 21 April 2017.

Karena itu, anggota Komisi III DPR mempersilakan kalau ada partai-partai yang akan mendukung Jokowi untuk maju kembali pada Pilpres mendatang.

"Kalau ada partai lain mendukung silakan. Tetapi kita belum fokus ke sana, masih ada Pilkada," ujar Martin.

Meski begitu, dia mengakui sejauh ini sudah banyak kelompok masyarakat dan kader internal Gerindra yang mendorong Prabowo Subianto untuk kembali maju pada Pilpres 2019.

Apalagi setelah kemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilgub DKI Jakarta semakin meyakinkan kader untuk mengusung Prabowo. Namun, kata dia lagi, pihaknya belum fokus ke Pilpres

"Namun sekali lagi kita masih fokus ke Pilkada," katanya lagi.

Terinspirasi Jokowi

Dukungan PSI kepada Jokowi disampaikan Ketua Umum PSI Grace Natalie kepada pers di Istana usai bertemua Presiden RI tersebut Kepresidenan, Jakarta  pada Selasa lalu, 11 April 2017.

PSI mendukung Jokowi karena menilai kinerja Jokowi. Bahkan Grace menyebut PSI terinspirasi dari Jokowi. "Di mana seorang biasa, yang bukan dari kalangan darah biru, bisa menjadi pemimpin," tandasnya.

Terlalu Cepat

Sebelumnya, PDIP menganggap langkah PSI masih terlalu cepat soal pernyataan dukungan terhadap Jokowi.  Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menilai, apa yang dilakukan PSI ini sebagai sebuah bentuk euforia.

"Ini kan soal verifikasi parpol masih dibahas juga di RUU Pemilu. Sekarang terlalu dini. Setiap partai memang sudah mulai berhitung, dan ada yang ingin mengusung Pak Jokowi, mereka ikut terbawa gelombang pasang di mana rakyat mengapresiasi kinerja Pak Jokowi sehingga partai-partai yang dukung Pak Jokowi ikut terdongkrak," ujar anggota Komisi XI DPR itu, Selasa, 11 April 2017 lalu.

Namun sebagai partai yang menaungi Jokowi, PDIP juga merasa bersyukur banyak partai menginginkan kadernya itu di Pilpres 2019. Hanya saja keputusan akhir nantinya tetap berada di PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri tersebut.

"Saya lihat acara kongresnya PSI, kita amati. Menghadirkan politik segar, gagasan segar. Partai seperti ini perlu kita dukung. Ada semangat dan idealisme yang harus dihargai. Apalagi Grace Natalia (Ketum PSI, red) bersedia meninggalkan kariernya yang cukup tinggi untuk membina partai. Itu artinya ada idealisme," terang Hendrawan.

"Tapi nanti gong-nya tetap di PDIP, karena kami suara terbesar, kemudian juga karena tradisi akar rumput panjang, soliditas mesin partai. agar dentangan-nya lebih kuat," imbuhnya.

Sebelum PSI, sudah ada tiga partai lain yang menyatakan dukungan untuk Jokowi. Yakni Partai Golkar, PKPI, dan Partai NasDem. Hal tersebut bukan berarti tak menjadi perhatian partai, namun saat ini PDIP masih ingin fokus terlebih dulu dengan permasalahan Pilkada.

"Kami sangat pikirkan itu (dukungan kepada Jokowi untuk 2019 dari partai lain). Tapi kami lihat timing-nya sekarang belum pas. Kami sekarang ingin fokus dulu di Pilkada DKI, Pilkada 2018, ada 17 provinisi termasuk provinsi besar seperti Jabar dan Jatim," jelas Hendrawan.

"Siapa yang berhasil di Pilkada 2017 dan 2018 memiliki ruang untuk menang mengusung capres, kesempatannya akan lebih besar," sambung Wakil Ketua Fraksi PDIP DPR itu.

(malin/rmol/dtc)

Iklan Alex Indra Lukman
Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *