Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi di Jawa Barat, Calon Lain Bakal Karam

Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi di Jawa Barat, Calon Lain Bakal Karam
BENTENGSUMBAR.COM - Tingkat elektabilitas Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018 pada saat ini tercatat paling tinggi dibanding sejumlah bakal calon gubernur.

Demikian hasil survei Indobarometer yang diterima redaksi, Selasa, 6 Juni 2017. Survei yang dilakukan 17-23 Mei 2017 melibatkan 800 responden di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Margin of error survei sebesar plus-minus 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari 16 nama bakal calon gubernur yang disodorkan kepada responden, sebanyak 28,6 persen responden memilih Ridwan Kamil, disusul Deddy Mizwar (18,8 persen), Dedi Mulyadi (11,5 persen), Dede Yusuf (6,3 persen), dan Aa Gym (2,4 persen).

Sedangkan 11 nama lain mendapat dukungan kurang dari 2 persen. Mereka adalah Uu Ruzhanul Ulum, Rieke Diah Pitaloka, Abdi Yuhana, Tb Hasanuddin, Puti Guntur Soekarnoputri, Agung Suryamal Sutisno, M Iriawan, M Sohibul Iman, Netty Prasetyani Heryawan, Ineu Purwadewi Sundari, dan Sutrisno.

Sebanyak 27,8 persen responden mengaku belum menentukan pilihan, tidak menjawab, dan menyatakan rahasia, serta 0,3 persen responden mengaku tidak akan menggunakan hak pilih dalam Pilkada Jabar tahun depan.

Sementara itu, dengan simulasi hanya enam nama yang maju dalam pilgub, Ridwan Kamil meraup elektabilitas 31,4 persen, disusul Deddy Mizwar (20,5 persen), Dedi Mulyadi (12,6 persen), Dede Yusuf (6,9 persen), Rieke Diah Pitaloka (2,0 persen), dan Agung Suryamal (0,5 persen). 

(by/bsc)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »