Pariwisata

Ekonomi

POLITIK

HUKUM

Most Popular

Tersangkut Aliran Dana Korupsi Alkes, Amien Rais Bakal Laporkan Dua Tokoh Nasional ke KPK, Ini Kata Politisi PAN

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais (tengah) menggelar jumpa pers terkait uang Rp 600 juta yang disebut jaksa KPK berasal dari aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari di kediamannya di Taman Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017).

Tersangkut Aliran Dana Korupsi Alkes, Amien Rais Bakal Laporkan Dua Tokoh Nasional ke KPK, Ini Kata Politisi PAN
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menanggapi pernyataan jaksa KPK yang menyatakan dirinya menerima aliran dana Rp 600 juta, terkait tindak pidana korupsi eks Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.

Ditemui di rumahnya di Condongcatur, Depok, Sleman, DIY, Amien Rais mengaku sudah mendapatkan kabar perihal dirinya yang diduga terlibat kasus korupsi. Ia mengatakan bahwa kejadian ini adalah 'berkah yang tersembunyi'.

"Dari beberapa informasi sesuai di media, katanya saya dapat aliran dana dari 2003 sampai 2007. Apa pun itu saya terima dengan senang hati, menurut saya ini adalah blessing in disguise," ujarnya, Kamis, 1 Juni 2017.

Amien juga berencana menemui Ketua KPK Agus Rahardjo dan petinggi KPK lainnya pada Senin, 4 Juni 2017 pekan depan.

"Saya juga akan menyampaikan dan melaporkan mengenai dugaan korupsi dua tokoh besar di negeri ini, yang selama ini tidak diapa-apakan," tegasnya.

Langkah itu ia lakukan dengan harapan terciptanya kebersihan di negeri ini dari tindak pidana korupsi.

Terima Uang Rp600 Juta

Amien Rais, menjelaskan mengenai uang Rp 600 juta yang disebut jaksa KPK berasal dari aliran dana kasus korupsi pengadaan alat kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.

Dalam keterangan persnya, Amien menyebutkan bahwa kejadian pada Januari hingga Agustus 2007 lalu, berdasarkan ingatannya, dia mengaku menerima bantuan dana operasional dari Soetrisno Bachir. Soetrisno Bachir merupakan mantan Ketua Umum DPP PAN.

"Karena hal itu terjadi 10 tahun lalu, saya me-refresh memori saya. Pada waktu itu, Soetrisno Bachir mengatakan akan memberi bantuan untuk tugas operasional saya, untuk semua kegiatan sehingga tidak membebani pihak lain kalau saya pergi ke mana pun, travel, aksi, itu sudah kita sendiri yang bayar," kata Amien di kediamannya di Jalan Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat, 2 Juni 2017.

Amien kemudian menjelaskan mengenai persahabatannya dengan Soetrisno Bachir yang terjalin sebelum PAN lahir pada 1998. Menurut dia, Soetrisno Bachir merupakan sosok dermawan yang selalu berbuat baik dengan memberi bantuan kepada siapa pun.

"Waktu itu, dia selalu memberi bantuan pada berbagai kegiatan saya, baik kegiatan sosial maupun keagamaan," ujar Amien. Namun, Amien tidak tahu kepada siapa saja Soetrisno Bachir memberikan bantuan.

"Saya pernah bertanya kepada dia mengapa membantu berbagai kegiatan saya, dia bilang 'saya disuruh ibunda membantu anda' begitu," ujar Amien menirukan ucapan Soetrisno Bachir.

"Jadi ketika dia menawarkan bantuan tiap bulan buat kegiatan operasional saya, saya anggap wajar," ujar Amien.

Politisi PAN Dukung Langkah Amien Rais

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan, pihaknya mendukung langkah Amien Rais untuk mengklarifikasi dugaan aliran dana Rp 600 juta dari korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes) ke rekening pribadinya di KPK. 

Selain mengklarifikasi tuduhan soal soal aliran dana, Amien juga berencana melaporkan dua tokoh nasional kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Bagus. Pokoknya kita dukung Pak Amien," kata Yandri saat dihubungi, Jumat (2/6).

Pihaknya meyakini Amien telah memberikan penjelasan dan bantahan terkait keterlibatannya dalam korupsi Alkes secara benar dan utuh. 

"Ya, kita dukung Pak Amien. Kita yakin Pak Amien, apa yang disampaikan Pak Amien itu betul," tegasnya.

(og/btn/kps/mkd)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *