PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Menteri-menteri yang Tak Loyal Siap-siap Angkat Koper

Presiden Joko Widodo.

Menteri-menteri yang Tak Loyal Siap-siap Angkat Koper
BENTENGSUMBAR.COM - Berbeda dengan presiden sebelumnya dalam hal reshuffle kabinet, sikap Joko Widodo (Jokowi) sulit ditebak. Berbagai hitungan matematis hingga klenik tak dapat digunakan sebagai acuan untuk menerka kapan Presiden Jokowi merombak susunan kabinet. 

Namun, menurut Direktur Eksekutif Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio, semua menteri yang berpeluang kena reshuffle bisa ditebak. Hendri mengatakan, jika benar reshuffle kabinet dilakukan tahun ini, tujuannya adalah membentuk tim tangguh untuk kepentingan Jokowi dalam Pilpres 2019. 

"Bila kali ini jadi reshuffle kabinet, tujuannya cuma satu, membuat tim tangguh untuk mengantarkan Jokowi jadi presiden dua periode. Artinya, menteri-menteri yang mungkin dinilai Presiden kesulitan memberikan kontribusi untuk memuluskan langkah ke periode kedua harus siap-siap angkat koper," kata Hendri dalam keterangan tertulis, Kamis, 13 Juli 2017. 

Kontribusi menteri yang paling diharapkan Presiden Jokowi, kata dia, ada tiga. Pertama, menteri harus mampu membantu membuat terpenuhinya janji kampanye Jokowi. "Nah, ini ada kaitannya dengan infrastruktur dan perut rakyat," kata Hendri. 

Kedua, kontribusi menteri yang solid mendukung Jokowi secara politik hingga periode kedua. Menteri yang termasuk golongan ini adalah menteri asal partai politik. 

Ketiga, menteri yang mampu meredam isu politik yang merugikan Jokowi. Misalnya menteri yang bisa meredam isu bahwa Jokowi berseberangan dengan Islam. 

"Jadi, bila mengacu ke atas, akan ada menteri profesional dan menteri asal parpol yang kena 'gebuk' Jokowi," ucap Hendri. 

Lalu, siapa kira-kira menteri yang berpeluang aman dari reshuffle? 

Menurut Hendri, kelompok menteri yang menjadi tim sukses Jokowi sejak 2014 dan tidak mengganggu citranya diprediksi aman dari reshuffle. Dia menyebut nama Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri-Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. 

"Ini adalah kelompok menteri yang sudah menjadi tim sukses Jokowi sejak 2014 dan tidak mengganggu citra Jokowi. Jadi nama-nama seperti Luhut, Rini, Teten, Amran, Pratikno, Budi, Khofifah diprediksi akan aman," kata Hendri.

"Kalaupun terkena perombakan, mereka tetap akan bertahan dan paling hanya digeser ke posisi baru. Ingat, tujuannya kan membentuk tim sukses, jadi kesampingkan dulu kinerja menteri di kelompok ini," ucap dia. 

(buya/dtc)

Iklan Alex Indra Lukman
Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *