PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Irvan Khairul Ananda: Emzalmi-Desri, Putra Padang yang Sudah Berpengalaman dan Teruji

Irvan Khairul Ananda, tokoh masyarakat Padangpariaman.

Irvan Khairul Ananda: Emzalmi-Desri, Putra Padang yang Sudah Berpengalaman dan Teruji
Irvan Khairul Ananda: Emzalmi-Desri, Putra Padang yang Sudah Berpengalaman dan Teruji
BENTENGSUMBAR.COM - Sebagai seorang birokrat sejati yang selama ini bertugas di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, Irvan Khairul Ananda tahu betul sosok Emzalmi Zaini, mantan Sekretaris Daerah (Sekdako) Padang yang saat ini menjabat Wakil Walikota Padang.

"Saya tahu betul sosok Emzalmi ini. Ia memulai karier sebagai pegawai negeri Sipil (PNS) Dinas Pekerjaan Umum Lubuk Sikaping, Pasaman. Tahun 1976, ia ditarik ke Kota Padang pada bidang Cipta Karya Dinas PU Padang. Berkat ketekunannya, ia mendapat tugas belajar ke Lembaga Politeknik PU Institut Teknologi Bandung pada jurusan planologi," jelas Irvan Khairul Ananda kepada media ini, Kamis, 3 Agustus 2017.

Mantan Kepala Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat ini mengatakan, Emzalmi, kata Irvan Khairul Ananda lagi, adalah sosok yang sudah teruji di lingkungan birokrasi. Pasalnya, berkali-kali dia diberi amanah pada jabatan stategis, sejak mulai megabdikan diri sebagai aparatur negara. Terakhir, dia menjabat Sekdako Padang. 

Sebagaimana diketahui, Emzalmi pernah dipercaya sebagai pelaksana Kampung Improvment Project (KIP) dari tahun 1980 hingga 1985. Karena dinilai sukses ia dipromosikan menjadi Kepala Dinas Tata Kota Solok (1985-1991), Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bukittinggi (1991-1994), dan Kepala Dinas Tata Kota Padang (1994-1998). Setelah bertahun-tahun sebagai diangkat sebagai kepala dinas, ia diangkat sebagai Asisten II Sekda Kota Padang (1998-2001). Setelah itu, ia ditempatkan pada posisi Kepala Bappeda Kota Padang (2001-2009) dan akhirnya mengakhiri karier birokrat sebagai Staf Ahli Wali Kota Padang merangkap Sekdako (2009-2012).

"Ini adalah bukti, kalau Emzalmi sudah teruji di lingkungan birokrasi. Ia malang melintang berjabatan di setiap tingkatan eselon ASN. Mungkin dan bahkan satu-satunya yang berkiprah dibidang teknik dan perencanaan. Bagi saya, kalau sudah ada yang teruji dan mumpuni, kenapa harus mempercayakan kepemimpinan kota ini ke orang yang meraba-raba, belajar dan hanya dibesarkan oleh pencitraan," cakap tokoh Piaman Laweh ini.

Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat ini mengatakan, begitu juga dengan Desri Ayunda yang malang melintang sebagai entrepreneur. Ia berani tampil berpasangan dengan Emzalmi Zaini sebagai calon Wakil Walikota. Ia adalah putra terbaik Koto Tangah. 

"Ketika saya melihat banner mereka berdua ini, besar dan kecil. Saya hitung satu persatu, sepanjang jalan Muhammad Hatta sampai Pasar Baru, lebih kurang ada 27 buah. Tampil dengan banner tanpa menggunakan dana dan uang APBD dan APBN. Saya pikir, tidak ada yang tidak mengenal pasangan Emzalmi-Desri ini, tokoh terbaik urang Padang! Selamat atas keberanian ini!" tukuknya.

Untuk itu, sebagai tokoh masyarakat Padangpariaman, ia mengimbau warga Kota Padang, tanpa memandang ras, agama, dan golongan, agar mendukung perjuangan Emzalmi-Desri Ayunda. Menurutnya, dengan melihat rekam jejak keduanya yang sudah teruji dan berani di bidangnya masing-masing, maka layak diberi amanah untuk memimpin Kota Padang.

"Kepada siapa lagi dunsanak-dunsanak ambo warga Padang akan berpaling? Mereka gagah dan berani. Saya melihat mereka adalah tokoh yang pas dan layak untuk memimpin kota ini. Saya dan mungkin dunsanak semuanya bangga dengan kedua tokoh ini. Anak Nagari Padang beruntung memiliki mereka. Mereka lahir dari rahim Kota Padang sendiri, sasok jarami mereka jelas, tapian tampek mandinya apalagi," cakapnya.

(by)

Iklan Alex Indra Lukman
Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *