PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Ternyata Orang Pintar Lebih Mudah Berprasangka

Para peneliti pun meyakinkan bahwa orang-orang pintar lebih terbuka menerima informasi.

Ternyata Orang Pintar Lebih Mudah Berprasangka
BENTENGSUMBAR.COM - Para peneliti dari New York University memberikan serangkaian tes kepada 271 peserta. Salah satu tesnya adalah terkait bentuk hidung seorang pria dan tingkat keramahannya. Mereka diperlihatkan enam gambar pria yang dibuat oleh komputer dengan bentuk hidung beragam.

Rupanya, 80 persen peserta meyakini bahwa pria yang mempunyai jembatan hidung kecil dianggap bersahabat. Sebaliknya, jembatan hidung lebar dikaitkan dengan sikap tak ramah. Menurut para peserta, mereka sudah terlebih dulu mempelajari stereotip tentang keramahan dan kemudian menggunakannya untuk menghakimi foto pria-pria baru tersebut.

Dr. David Lick, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi ini, mengatakan bahwa,"Orang-orang yang memiliki kemampuan mendeteksi pola lebih baik justru berisiko tinggi untuk mempercayai dan menggunakan stereotip tentang kelompok-kelompok sosial."

Pasalnya, kemampuan tersebut rupanya menjadi elemen fundamental dari seseorang dengan tingkat kepintaran tinggi. "Sebabnya deteksi pola adalah komponen inti dan kepintaran manusia, orang-orang dengan kemampuan kognitif superior bisa jadi handal dalam mempelajari dan menggunakan stereotip terhadap kelompok sosial," tambahnya.

Menurut studi itu, stereotip adalah generalisasi tentang perilaku kelompok sosial yang diaplikasikan terhadap individu di dalam kelompok tersebut. Tentu saja mengejutkan bila orang-orang yang memiliki intelejensia di atas rata-rata, justru lebih mudah terperangkap dalam generalisasi tersebut.

Meski demikian, studi tersebut juga menyatakan bahwa mereka juga lebih mudah mengubah prasangka itu. "Kabar baiknya adalah kami juga menemukan bahwa individu-individu ini lebih baik dalam menghilangkan stereotip ketika diberikan pola-pola baru yang menantang asosiasi stereotip mereka," jelas Dr. Jonathan Freeman, salah satu peneliti.

Para peneliti pun meyakinkan bahwa orang-orang pintar lebih terbuka menerima informasi. "Yang menjanjikan dari penemuan kami adalah orang-orang dengan kemampuan kognitif tinggi cenderung siap memperbarui stereotip mereka ketika dikonfrontasi dengan informasi baru."

(by/idntimes)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *