PADANG

SUMBAR

NASIONAL

Pariwisata

Ekonomi

POLITIK

HUKUM

Most Popular

Pilkada Serentak, Gubernur Irwan: Sumbar dan DKI Beda, Wacana Politiknya Juga Berbeda

Gubernur Irwan Prayitno mengingatkan, pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak harus tetap mengedepankan rasa "badunsanak".

Pilkada Serentak, Gubernur Irwan: Sumbar dan DKI Beda, Wacana Politiknya Juga Berbeda
BENTENGSUMBAR.COM - Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, hawa politik di masing-masing daerah yang bakal menggelar Pilkada mulai terasa panas.

Masing-masing tim sukses dan relawan bakal calon kepala daerah mulai melakukan pencitraan ke tengah-tengah publik, menjual dan mempromosikan kelebihan calon yang mereka dukung.

Ironisnya, ada diantara mereka malah menyerang bakal calon lain dengan isu-isu tanpa data yang akurat. Tentu saja, isu yang dilempar ke tengah-tengah publik, apatah lagi menyerang bakal calon tertentu mendapat respon balik dari timses dan relawan yang diserang. 

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengingatkan, pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada empat kota di provinsi itu 2018 harus tetap mengedepankan rasa "badunsanak" atau persaudaraan sehingga hasilnya tidak mengakibatkan perpecahan di tengah masyarakat.

"Beberapa kali pelaksanaan Pilkada di Sumbar selalu berjalan dengan baik. Hal ini harus bisa dipertahankan," kata dia di Padang, kemaren.

Menurut dia panasnya pelaksanaan Pilkada di daerah lain, terutama di Jakarta beberapa waktu lalu telah menjadi perhatian hampir semua masyarakat di Indonesia, termasuk Sumbar.

Hal itu mungkin juga menjadi referensi bagi pihak-pihak yang ingin "bermain" pada Pilkada di Sumbar. Tetapi ia yakin itu tidak akan berhasil karena banyak perbedaan antara Pilkada di DKI dan Sumbar.

"Sumbar dan DKI beda. Wacana politiknya juga berbeda," ujar dia.

Apalagi penyelenggara pemilu dan pihak keamanan selalu melakukan evaluasi pelaksanaan Pilkada di daerah. Hasilnya dijadikan pedoman untuk perbaikan pelaksanaan Pilkada selanjutnya.

Pada 2018, empat kota di Sumbar melaksanakan Pilkada masing-masing Kota Padang, Padang Panjang, Pariaman dan Sawahlunto.

(BY/ANTARA)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *