Sepakat dengan KPAI, Kivlan Zein Minta Semua Pihak yang Gelar Nobar Film G30S/PKI Batasi Akses Bagi Anak-anak

Sepakat dengan KPAI, Kivlan Zein Minta Semua Pihak yang Gelar Nobar Film G30S/PKI Batasi Akses Bagi Anak-anak
BENTENGSUMBAR.COM - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sempat mengeluarkan imbauan yang melarang peruntukkan film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI bagi anak-anak. 

Menurut KPAI, hal tersebut merupakan pelanggaran terhadap Undang-undang (UU) Perlindungan Anak, lantaran banyaknya adegan kekerasan dalam film rilisan tahun 1984 itu.

"Bukan tidak setuju ya. Kami ini hanya menjalankan undang-undang. Amanat undang-undang itu melindungi anak anak dari konten porno dan kekerasan," ungkap Komisioner KPAI, Retno Listyarti, sebagaimana dilansir Okezone.

Menanggapi hal tersebut, Mayjen Purnawirawan TNI Angkatan Darat, Kivlan Zein menyatakan sepakat dengan sikap KPAI. Meski terang-terangan mendukung rencana pemutaran film yang mengangkat sejarah kelam tahun 1965 ini ke tengah masyarakat, Kivlan mengaku dapat memahami sikap KPAI.

"Ya kalau masalah keberatan (yang disampaikan KPAI) itu kan bukan keberatan pada substansi (yang terkandung dalam film), tapi lebih kepada para penontonnya," kata Kivlan.

Menurutnya sederhana, kalau imbauan KPAI didasari pada upaya perlindungan anak dari paparan konten kekerasan yang banyak terkandung dalam film garapan Arifin C. Noer ini, maka Kivlan meminta semua pihak yang hendak menggelar acara screening untuk membatasi akses bagi anak-anak.

"Kalau dibawah 13 tahun itu dikatakan bisa merusak jiwa, psikologi atau perilaku, itu tidak ada masalah. Ya gampang saja, nanti kita sampaikan kepada panitia-panitia penyelenggara acara, untuk anak-anak tidak usah dibawa," kata Kivlan.

"Sebaiknya kita tampunglah (pendapat KPAI). Nanti kepada panitia untuk jangan memberi akses menonton kepada anak-anak," tambah Kivlan.

(ibnu)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »